Pemkab dan BPJS Kesehatan Bentuk Forum Komunikasi

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa (kanan) bersama Asda I Kabupaten Tangerang Hery Heryanto berdiskusi dalam forum komunikasi dan kemitraan membahas program JKN-KIS, Jumat (2/8). Wivy/Radar Banten

TANGERANG – Pemkab Tangerang bersama BPJS Kesehatan cabang Tigaraksa bersinergi mengoptimalkan penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Sinergi tersebut diwujudkan dengan membentuk forum komunikasi dan kemitraan. Hal itu dikatakan Kepala BPJS Kesehatan cabang Tigaraksa Shanti Lestari, Jumat (2/8).

Shanti menuturkan forum tersebut sebagai wadah diskusi terkait kendala dan dukungan terhadap program JKN-KIS. ”Kerja sama ini sesuai dengan salah satu prinsip sistem jaminan sosial nasional, yaitu kegotongroyongan. Untuk itu dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemda sangat diperlukan agar penyelenggaraan JKN-KIS dapat berjalan dengan optimal dan berkelanjutan,” katanya.

Dia menambahkan, forum diskusi akan dilaksanakan dua kali dalam satu tahun dan fokus pada pelaksanaan perluasan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tangerang. Termasuk informasi terbaru juga akan disampaikan dalam forum ini yang terkait penyelenggaraan Program JKN-KIS.

“Dalam penyelenggaraan program JKN-KIS, kami sudah kerja sama dengan berbagai intansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Tenaga Kerja. Termasuk rumah sakit dan puskesmas milik Pemkab Tangerang sebagai penyedia pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Asisten Daerah I Kabupaten Tangerang Hery Heryanto mengatakan, kerja sama yang dibangun berjalan sangat baik. Bahkan, baru-baru ini BPJS Kesehatan cabang Tigaraksa bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu terkait optimalisasi penyelenggaraan JKN-KIS melalui pelayanan terpadu satu pintu.

“Melalui forum komunikasi ini, bersama-sama menyusun formula yang tepat untuk lebih mengoptimalkan penyelenggaraan program JKN-KIS di Kabupaten Tangerang. Tentunya, formula yang dibuat harus sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Diketahui, sampai dengan 1 Juni 2019 ini, ada 2.413.635 peserta JKN-KIS terdaftar di Kabupaten Tangerang. Dalam pelayanannya, BPJS Kesehatan cabang Tigaraksa bekerja sama dengan 194 fasilitas kesehatan tingkat pertama. Di antaranya puskesmas, klinik pratama, klinik TNI/POLRI, dan dokter praktik perorangan. Termasuk 20 rumah sakit, dan dua optik di wilayah Kabupaten Tangerang. (mg-04/adm/sub)