Pemkab Lebak Gratiskan Lima Ribu Tiket Kereta Api

0
529 views
Bupati Iti Octavia Jayabaya didampingi Asda Ekbang Budi Santoso dan Ketua Panitia HUT Lebak Wawan Ruswandi naik kereta ekonomi ke Jakarta, Senin (5/12).

RANGKASBITUNG – Pemkab Lebak menggratiskan lima ribu tiket kereta api ekonomi, Senin (5/12). Pemberangkatan angkutan massal itu dimulai dari Stasiun Rangkasbitung untuk jurusan Jakarta dan Merak.

Tujuan kegiatan itu, selain sosialisasi penggunaan kereta api, juga peringatan hari jadi Kabupaten Lebak yang jatuh pada 2 Desember lalu. Pantauan Radar Banten, pemberian tiket kereta api gratis kemarin, membuat ratusan penumpang kaget. Terlebih pembagian tiket itu langsung dilakukan Bupati Iti Octavia Jayabaya didampingi Ketua Panitia HUT Lebak Wawan Ruswandi serta Asda Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemkab Lebak Budi Santoso.

“Tiket gratis kereta api ini hanya khusus untuk hari ini. Sebanyak 5.000 tiket kita sediakan. Ini kado ulang tahun buat masyarakat,” kata Bupati Iti Octavia Jayabaya kepada para penumpang, Senin (5/12).

Menurut Iti, setiap hari ribuan warga Kota Multatuli memilih menggunakan kereta api baik tujuan Jakarta maupun Merak. Lantaran, harganya yang cukup terjangkau. “Tahun ini panitia hanya menyiapkan 5.000 tiket, saya berharap tahun depan jumlahnya bisa lebih banyak. Kita juga ingin lebih dekat dengan masyarakat yang aktivitasnya lebih banyak di luar Lebak. Mereka ini berangkat pagi, kembali lagi malam,” ujarnya.

Iti menambahkan, agar warga Lebak yang berada di luar baik itu sebagai pegawai swasta, wirausaha, maupun pelajar atau mahasiswa untuk senantiasa berhati-hati dan menjaga nama baik daerah. “Jujur saja, saya sangat gembira, karena dulu saya juga lebih sering menggunakan kereta api saat hendak kuliah ke Jakarta,” ucapnya.

Wawan Ruswandi, Ketua Panitia HUT Lebak mengatakan, pihaknya berharap agar ke depan pembagian tiket gratis kereta api ini menjadi agenda tahunan setiap perayaan hari jadi. Sebab, transportasi massal ini sudah menjadi pilihan utama warga Lebak yang akan berpergian ke Jakarta maupun ke Pelabuhan Merak. “Ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada pengguna kereta api,” kata pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaam (Dindikbud) Lebak ini.

Wati, salah seorang warga Cibadak, yang mendapat tiket gratis mengaku gembira. Sebab, baru kali ini ia mendapat tiket kereta api gratis. “Walaupun harga tiket ekonomi murah, tapi setidaknya ada perhatian dari pemerintah daerah kepada kami, yang rutinitasnya setiap hari menggunakan kereta api. Kalau tidak salah ini baru pertama kali Pemkab Lebak mengasih tiket gratis. Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati yang masih sempat memikirkan kami di tengah banyak pekerjaan,” ujarnya. (Nurabidin Ence/Radar Banten)