Pemkab Lebak Pelopori Pembangunan Jalan dengan CTB

0
1.123 views

RANGKASBITUNG – Pemerintah Kabupaten Lebak mulai menerapkan teknologi Cement Treated Base (CTB) dalam membangun jalan di Kabupaten Lebak. Direncanakan ada lima ruas jalan yang akan dibangun menggunakan konstruksi CTB, seperti Jalan Pasirkacapi Kecamatan Curugbitung, Kalawijo Kecamatan Sajira, Lewidamar-Gajrug Kecamatan Muncang, Bolang Kecamatan Wanasalam, dan Jalan Gedong-Pasir Nangka Kecamatan Curugbitung, yang sudah mulus diselesaikan.

Pembangunan ruas jalan ini sepanjang 25,20 kilometer. Jalan alternatif penghubung ke Kabupaten Bogor ini dilaksanakan oleh PT Cipadang Jayabaya Putra Utama.

“Kita akan melanjutkan pembangunan dengan teknologi CTB ini bila kualitasnya baik, untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Lebak,” ujar Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, kemarin.

Dia menambahkan, Pemkab Lebak memastikan infrastruktur jalan dan jembatan akan terus diperbaiki, lantaran jalan dan jembatan merupakan akses vital bagi laju perekonomian masyarakat. “Pemerintah Kabupaten Lebak terus berupaya perbaiki akses jalan antar wilayah, khususnya akses transportasi darat yang berada di Lebak,” katanya.

Setelah menyelesaikan pembangunan jalur Rangkasbitung-Malingping. Kini Pemkab Lebak, telah menuntaskan Jalan Gedong-Pasir Nangka Kecamatan Curugbitung, arah ke Kabupaten Bogor. “Sekarang kita bisa ke Bogor lewat jalan tersebut, jarak lebih dekat dibandingkan lewat Cipanas,” katanya.

Sementara itu Owner PT Cipadang Jayabaya Putra Utama, Mulyadi Jayabaya menambahkan, penggunaan teknologi CTB sangat tepat, karena jalan menjadi lebih kokoh ketahanan itu bisa dilalui 60-70 ton, selain itu biaya lebih hemat 30-40 persen dari betonisasi. Teknologi CTB menurutnya, dapat meningkatkan daya tahan bagian bawah konstruksi jalan, CTB juga tahan terhadap pengaruh air yang biasa menjadi penyebab kerusakan jalan. “Jalan ini mungkin menjadi jalan terbaik pertama di wilayah Lebak,” jelasnya. (Omat/twokhe@gmail.com)