Pemkab Pandeglang Ajukan Rp43 Miliar untuk Bencana

Bupati Pandeglang Irna Narulita menggunakan perahu karet memantau banjir di Kecamatan Munjul. Irna langsung menginstruksikan jajarannya agar segera membantu korban banjir.

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang mengusulkan bantuan penanganan pasca bencana banjir sebesar Rp43 miliar kepada Pemerintah Pusat. Dana tersebut sepenuhnya akan dipergunakan untuk melakukan perbaikan sarana infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat banjir akhir tahun 2018 lalu.

Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) BPBD Kabupaten Pandeglang Lilis Sulistiyati mengatakan, apabila usulan bantuan anggaran sebesar Rp43 miliar terealisasi, tentu sepenuhnya akan dipergunakan untuk memperbaiki empat belas jalan dan tujuh jembatan yang rusak akibat banjir.

“Seharusnya usulan itu kita sampaikan tahun 2018 lalu. Akan tetapi, karena ada bencana tsunami, kita baru bisa menyampaikan usulan tahun ini. Mudah-mudahan Pemerintah Pusat bisa mengakomodir usulan kita,” katanya, Jumat (11/10).

Lilis mengaku, instansinya sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait, agar proses pelaksanaan pembangunan bisa segera dilakukan setelah dana tersebut di transfer ke kas daerah.

“Kita hanya sebagai pihak yang mengusulkan, untuk yang mengerjakannya ada di instansi pemerintahan terkait. Kenapa kita yang mengusulkan? Karena kerusakan jalan dan jembatan itu akibat bencana, makanya kita yang mengusulkan bukan dinas terkait,” katanya.

Lilis berharap, Pemerintah Pusat bisa mengakomodir semua usulan perbaikan sebelas jalan dan tujuh jembatan tersebut, karena sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempermudah akses.

“Harapan kita inginnya pengajuan bantuan itu dipenuhi semuanya. Akan tetapi, kalaupun tidak semua, tetap akan kita terima dan akan kita usulkan kembali. Karena memang jalan dan jembatan yang rusak itu sangat dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pandeglang Asep Rahmat mengaku telah menerima informasi mengenai pengajuan bantuan tersebut. Kata dia, instansinya akan ikut mendampingi ke Pemerintah Pusat agar usulan tersebut bisa diakomodir.

“Iya sudah kita terima informasi itu. Kita akan lakukan pembahasan lagi dengan pihak terkait. Mudah-mudahan usulan yang akan kita sampaikan bisa diakomodir sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat,”katanya. (dib/zis)