Pemkab Pandeglang Gagas Bangun Rumah Isolasi

Cegah Penyebaran Corona

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang berencana membangun rumah isolasi di 326 desa di wilayah Pandeglang. Hal itu sebagai upaya pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19) di Pandeglang.

Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan membenarkan, soal adanya rencana pembangunan rumah isolasi. Hal itu tertuang pada Surat Edaran (SE) Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa (DD) Tahun 2020. “Pembangunan rumah isolasi itu rencananya akan kita buat bulan Mei nanti,” ungkapnya, kemarin. 

Doni mengaku, pihaknya sudah menyampaikan rencana tersebut kepada semua kepala desa (kades). Oleh karena itu, semua desa harus segera melakukan pembahasan dan perubahan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). “SE (Surat Edaran-red) itu sejalan dengan pembentukan Gugus Tugas tingkat desa hingga RT dan RW yang mengharuskan adanya rumah isolasi setiap desa. Kita akan sinergikan antara program pusat hingga ke desa,” ujarnya.

Menurut Doni, pembangunan rumah isolasi rencananya dianggarkan dari bantuan keuangan (bankeu) Pemprov Banten yang ada di masing-masing desa. “Kita akan memakai anggaran bankeu Pemprov Banten yang ada di masing-masing desa, nilainya Rp45 juta. Tapi, sebelumnya harus ada perubahan anggaran dulu di APBDes, setelah itu baru dibentuk,” terangnya.

Selain untuk pembangunan sarana isolasi, lanjut Doni, anggaran juga untuk pemenuhan logistik bagi masyarakat selama proses karantina di rumah isolasi yang akan dibuat. “Dana Rp45 juta selain untuk pengadaan rumah isolasi, juga untuk pemenuhan logistik selama proses karantina. Saat dikarantina, tentu semua kebutuhannya harus dipenuhi,” jelasnya.

Terpisah, Kades Bangkonol, Kecamatan Koroncong, Ade Sopyan mengaku, pihaknya sudah mendapatkan informasi soal kewajiban membangun rumah isolasi di setiap desa. ia berjanji, segera melakukan pembahasan lebih lanjut dengan pihak terkait agar program yang diwacanakan pemerintah pusat berjalan optimal. “Iya, kita sudah dapat infonya dan sedang dibahas bersama pihak-pihak terkait. Kita juga akan persiapkan semua hal yang dibutuhkan,” akunya.            

Terkait itu, Ketua Komisi I DPRD Pandeglang, Endang Sumantri mengingatkan, pembangunan rumah isolasi harus dilakukan dengan baik dan mengutamakan kepentingan masyarakat. “Kita akan awasi agar dana yang digunakan untuk membangun tidak digunakan untuk kegiatan lain. Apabila ditemukan ada yang tidak sesuai, akan kita tindaklanjuti, bila perlu kita bawa ke ranah hukum,” ancamnya. (dib/zis)