Pemkab Pandeglang Siapkan Tiga Hektare untuk RTH

0
498 views

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang kini sedang menyelesaikan pekerjaan pembuatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Desa Kaungcaang, Kecamatan Cadasari. Lahan yang disediakan untuk pembangunan sarana tersebut sekira tiga hektare.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin mengaku tengah dilakukannya pembangunan RTH. Kata dia, proyek itu dilakukan sebagai upaya menyediakan tempat yang nyaman bagi masyarakat. “Iya sedang dikerjakan pembangunannya. Difokuskan, di satu wilayah untuk pembangunan RTH itu. Dan tempat itu terbuka untuk umum, siapapun bisa datang ke sana,” katanya, Jumat (6/12).

Pery menerangkan, selain RTH, di lokasi tersebut juga akan dijadikan sebagai tempat rekreasi dan pembelajaran bertani bagi masyarakat. “Lokasi itu juga akan dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata dan pembelajaran bagi anak usia sekolah mengenai cara bertani yang baik. Intinya, lokasi itu akan kita jadikan sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat luas,” katanya.

Menurut Pery, ada beberapa manfaat yang bisa didapat Pemkab dengan sarana itu, di antaranya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Banyak manfaat positif bagi Pemerintah, selain sebagai lahan terbuka, tempat itu juga sebagai lokasi wisata yang nanti pengelolaannya bisa mendatangkan PAD bagi pemerintah. Tetapi, pada intinya lokasi itu untuk kepentingan bersama,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi Suherdiman Januardi mengatakan, dipilihnya lokasi RTH di Desa Kaungcaang, Kecamatan Cadasari karena akses ke lokasi yang mudah dan tempat yang strategis. “Kita lebih kepada potensi pertanian dan memberikan pemahaman mengenai tata cara bertani yang baik. Apapun yang akan ditanam oleh masyarakat, nantinya akan kita ajarkan dan kita budidayakan di sini. Sehingga ke depan, masyarakat bisa lebih mengetahui tentang pertanian,” katanya. (dib/zis)