Pemkab Pastikan Infrastruktur Tetap Jadi Prioritas

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang memastikan di tahun 2020 masih menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu program prioritas. Tindakan itu sengaja dilakukan, karena masih banyak ruas jalan kabupaten dan lingkungan yang kondisinya masih membutuhkan perbaikan.

Dalam tiga tahun terakhir, Pemkab telah melakukan pembangunan jalan kabupaten dan jalan lingkungan dengan cara dihotmix dan dibeton sepanjang 5.306 kilometer serta pembangunan jembatan sebanyak 298 unit.

Ditemui usai rapat paripurna penetapan Badan Kehormatan DPRD (BKD) Pandeglang, Bupati Irna Narulita mengaku, pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas pembangunan hingga 2020 nanti. Oleh karena itu, dia berjanji akan terus melakukan berbagai upaya agar alokasi anggaran untuk membiayai program tersebut berjalan dengan lancar. “Program prioritas kita masih seputar infrastruktur, karena Pandeglang memiliki wilayah yang luas dan perlu dilakukan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan secara masif,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (4/10).

Irna menerangkan, selain infrastruktur, Pemkab Pandeglang juga masih memasukan beberapa kegiatan pembangunan lain yang menjadi skala prioritas, seperti peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, perbaikan perekonomian masyarakat, menekan angka kemiskinan, mengurangi jumlah pengangguran, dan program lainnya.

“Agar program itu berjalan dengan baik, tentunya kita harus menggandeng Pemprov Banten dan Pemerintah Pusat, karena jika hanya mengandalkan APBD Pandeglang, tentunya akan sangat sulit, karena anggaran yang kita miliki sangat terbatas,” katanya.

Irna meyakini, Kabupaten Pandeglang bisa menjadi daerah maju dan mandiri, apabila semua pihak komitmen membangun daerah. Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya akan mengoptimalkan semua sektor pendapatan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pandeglang bisa terus bertambah dan tidak terlalu mengandalkan bantuan dari Pemprov Banten dan Pusat.

“Tetapi, untuk menjadi daerah maju dan mandiri itu memerlukan proses dan menghabiskan waktu yang lama. Sambil berjalan, kita akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Banten dan Pemerintah Pusat, disamping kita mengoptimalkan sumber pendapatan yang ada,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Pandeglang Tb Udi Juhdi mendukung dimasukannya pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur sebagai program prioritas. Oleh karena, masih banyak ruas jalan di Pandeglang yang membutuhkan perhatian dan kondisinya rusak.

“Tentunya kita mendukung program tersebut. Kita juga akan berusaha membantu Pemkab agar persoalan tersebut dapat teratasi sehingga semua infrastruktur di Pandeglang dalam kondisi yang baik. Tetapi yang paling penting adalah komitmen bersama kita membangun daerah, agar masyarakat tidak merasa kecewa kepada kita yang dipercaya untuk mewakili mereka dalam mengelola dan membangun daerah,” katanya. (dib/zis)