Pemkab Serang Anggarkan Rp 1,53 Triliun untuk Bangun Jalan Beton

Ilustrasi kondisi jalan di wilayah Kabupaten Serang.

SERANG — Pemkab Serang membutuhkan dana Rp 1,53 triliun untuk membangun sekitar 418 kilometer (km) ruas jalan Kabupaten Serang dengan konstruksi beton. Dana itu akan dinggarankan secara bertahap mulai 2017 hingga 2021.

Rinciannya, 2017 sebesar Rp 300 miliar, 2018 Rp 330 miliar, 2019 Rp 330 miliar, 2020 Rp 350 miliar, dan 2021 sebesar Rp 224 miliar.

“Pembangunan jalan dilakukan dalam satu tahun anggaran. Kalau tidak bisa dipakai anggaran tahun jamak,” kata Yayat Supriyatna, juru bicara Pansus Raperda tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jalan (PPIJ) Kabupaten Serang  (PPIJ) DPRD Kabupaten Serang, pada rapat paripurna, Jumat (21/4).

Ia mengatakan, dalam pembangunan jalan beton nanti Pemkab Serang harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, dalam memprogramkan pembangunan jalan harus memperhatikan aspirasi masyarakat. Kedua, harus memprioritaskan pembangunan jalan yang menimbulkan efek ganda terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ketiga, perlu adanya kesinambungan pembangunan jalan yang kondisi sekarang belum terhubung antara jalur satu dengan jalur lainnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, Perda Percepatan Pembangunan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Serang dimaksudkan untuk memenuhi harapan masyarakat agar tersedianya akses infra struktur jalan di Kabupaten Serang. karena itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup baik secara ekonomi maupun sosial. (Sutanto/Tangerang Ekspres)