Pemkab Serang Berikan Beasiswa dan Biaya Hidup Kuliah di UI

ILUSTRASI : Bupati Serang bersama penerima beasiswa vokasi dari Pemkab Serang. Foto: Dok. Pemkab Serang

SERANG – Pemab Serang kembali menganggarkan beasiswa kuliah di Universitas Indonesia (UI) kepada warga Kabupaten Serang yang tidak mampu. Bahkan beasiswa untuk tahun ini berikut biaya hidup selama studi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Asep Nugrajaya menjelaskan, pihaknya sudah rapat khusus dengan pihak UI perihal beasiswa dari Pemkab Serang, termasuk proses pendaftaran Seleksi Masuk (SIMAK) UI tahun 2019.

“Pendaftaran bisa melalui jalur SIMAK UI. Seleksi masuk Universitas Indonesia, “ kata Asep dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (18/6).

Berdasarkan informasi dari laman simak.ui.ac.id, pendaftaran dimulai 10 Juni hingga 10 Juli 2019, ujian tulis 21 Juli 2019, dan pengumuman Juli 2019 (belum ditentukan tanggal).

“Pendaftaran biasa jalur khusus masuk UI. Jadi harus mengikuti tes juga,” ujar Asep.

Menurut Asep, beasiswa UI pada tahun anggaran 2018 sempat tidak terserap karena tidak ada calon mahasiswa dari Kabupaten Serang yang lolos seleksi UI. Kemudian, lanjut Asep, Bupati Serang sudah berkoordinasi dengan UI agar calon mahasiswa asal Kabupaten Serang yang berprestasi serta tidak mampu secara ekonomi, mendapat prioritas.

“Ibu Bupati tidak mau mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa putus di tengah jalan karena persoalan biaya hidup. Jadi kami benar-benar menjamin keberlangsungan kuliah penerima beasiswa,” ujarnya Asep.

Pemkab Serang memiliki program beasiswa perguruan tinggi untuk lulusan SMA dari keluarga kurang mampu ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), dan Sekolah Tinggi Ilmu Adminitrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN). Dana beasiswa bersumber dari APBD.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam beberapa kesempatan menyatakan, beasiswa diberikan dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “Saya yakin sumber daya manusia di Kabupaten Serang cukup berkualitas. Karena itu, bagi mahasiswa yang terkendala biaya, kami memberikan beasiswa,” ujarnya.

Menurut Tatu, beasiswa yang diberikan seiring dengan target Pemkab Serang untuk mendapatkan sumber daya manusia yang bisa berkontribusi untuk pembangunan di Kabupaten Serang. Ia mencontohkan, lulusan penerima beasiswa UI bisa diberdayakan sebagai tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan milik Pemkab Serang.

“Bisa dikatakan, beasiswa ini semi ikatan dinas. Agar setelah lulus, bisa mengabdi untuk masyarakat Kabupaten Serang,” ujarnya.(aas)