Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama siswa SD di Desa Lebak Wangi. Foto: Dok Pemkab Serang

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memotivasi siswa agar tidak putus sekolah. Apalagi Pemkab Serang memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi dan kurang mampu.

Hal itu dikatakan Tatu saat melakukan pengajian rutin akhir bulan di Kampung Kosambi, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Lebak Wangi, Kamis (29/3). Hadir pada acara itu Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekertaris Daerah Agus Erwana, dan Kepala Dinas Pendidikan Asep Nugraha Jaya dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Tatu menjelaskan, pada tahun 2018 Pemkab Serang memiliki program pendidikan untuk mendukung siswa melanjutkan sekolah tingkat perguruan tinggi dan beasiswa kepada siswa. Seperti beasiswa yang akan diberikan kepada 1.250 siswa SD yang kurang mampu dan 2.050 siswa SMP. “Seluruh beasiswa tersebut kita salurkan kepada siswa yang kurang mampu sebagai antisipasi putus sekolah. Jadi, bagi yang tidak mampu sudah tidak ada alasan untuk tidak sekolah,” ungkapnya yang dikutip dari siaran pers.

Selain itu, lanjut Tatu, terdapat 354 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang akan disarjanakan agar guru PAUD berkualitas. “Semua itu kita persiapkan. Siswa dari usia dini untuk berprestasi dan dapat membawa harum Kabupaten Serang,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menjelaskan, Pemkab Serang juga akan memberikan beasiswa kepada 25 orang yang melanjutkan pendidikan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan 7 orang di Univesitas Indonesia (UI).

“Perjanjiannya, siswa yang terpilih akan diminta untuk mengabdi di Kabupaten Serang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bukan berarti menjadi aparatur sipil negara nantinya,” katanya. (Aas Arbi)