Pemkab Serang Berikan Kadeudeuh untuk Veteran

Veteran
Veteran dan para teladan mitra SKPD mendapat penghargaan dari Bupati Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati, Senin (15/8). (Foto: Nizar)

SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memberikan kadeudeuh kepada para veteran dan penghargaan kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan mitra satuan kerja dan perangkat daerah (SKPD) yang dinilai teladan. Hal tersebut dilakukan pada kegiatan ramah tamah bersama para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, dan angkatan ’45 tingkat Kabupaten Serang di Pendopo Bupati, Senin (15/8),

Menurut Bupati Ratu Tatu Chasanah, sudah selayaknya penghargaan diberikan kepada organisasi yang tumbuh di masyarakat dan menjadi mitra dinas dalam membantu pembangunan di Kabupaten Serang. “Untuk veteran, ya ada kadeudeuh walaupun tidak besar. Intinya, kami hanya ingin mempererat silaturahmi khususnya di kegiatan 17 Agustus ini,” kata Tatu usai acara.

Ia pun menyambut baik kehadiran veteran. Sebab, kata Tatu, tanpa veteran yang sudah berjuang, tidak mungkin generasi sekarang menikmati kemerdekaan dan bisa melanjutkan pembangunan. “Jadi, ini (kadeudeuh) wujud terima kasih kita khususnya kepada para veteran yang masih ada di Kabupaten Serang,” katanya.

Selain kadeudeuh, lanjut Tatu, pihaknya juga berencana memerhatikan kerabat veteran yang masih duduk di bangku sekolah dengan mengarahkan pada program beasiswa yang dianggarkan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud). “Bisa salah satunya ke arah sana (program beasiswa untuk keluarga veteran), kita masih membuka peruntukannya dan cukup banyak,” tegasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Lalu Atharussalam Rais, Ketua DPRD Muhsinin, dan Dandim 0602/Serang Letkol Infanteri Oki AA. Pada kesempatan itu, Pemkab juga menyerahkan pengahargaan Satya Lencana kepada PNS yang sudah mengabdi di atas sepuluh tahun, serta membagikan 209 penghargaan keteladanan salah satunya untuk tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) yang diraih TKSK Cinangka Rahmatullah.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Serang Supri menyampaikan bahwa veteran terbagi pada beberapa bagian. Antara lain, veteran pejuang, pembela perdamaian, dan anumerta. Ada juga veteran perdamaian, yakni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) yang masih bertugas untuk misi perdamaian. “Kekuatan veteran saat ini tinggal 150 orang yang masih hidup. Jandanya ada 339 orang berdasarkan catatan kita bekerja sama dengan Taspen. “Selama perjuangan, kita mengusir penjajah Belanda, Inggris, dan Portugis pada era ’45 sampai 70-an,” ungkapnya. (Nizar S/Radar Banten)