Penyerahan hibah program infrastruktur sanitasi.

SERANG – Pemkab Serang mendapatkan Program Hibah Infrastruktur Sanitasi atau Sanitation Australia-Indonesia Infrastructure Grants (sAIIG) senilai Rp1.112.000.000.

Program ini merupakan salah satu dari beberapa program hibah kerjasama antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia. Program tersebut dibiayai pemerintah Australia dan beroperasi di bawah kemitraan Australia-Indonesia. Program ini diberikan kepada pemda yang berkomitmen untuk terlebih dulu melakukan investasi dengan membangun infrastruktur dengan dana APBD.

“Hibah infastruktur sanitasi dalam program kerjasama Australia-Indonesia merupakan penghargaan atas komitmen Pemkab Serang dalam menyediakan layanan sanitasi untuk masyarakat,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat serah terima dana program di Hotel Ratu, Kota Serang, Kamis (11/8).

Hadir pada saat itu Minister Counsellor Ekonomi, Investasi dan Infrastruktur, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT), Kedutaan Besar Australia Steven Barraclough, Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan Ditjen Perimbangan Keuangan Ahmad Yani, dan Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dodi Krispratmadi.

Pemkab Serang merupakan sakah satu dari 43 pemkab di Indonesia penerima Program aAIIG dan pemda pertama yang dapat merealisasikan pencairan dana. Pemkab Serang siap membangun infrastruktur sanitasi bagi 2.580 keluarga pada program ini.

Pada kesempatan itu, Steven Barraclough mengungkapkan, sanitasi yang sehat bisa mencegah penyakit. “Yang menerima hibah imi diharapkan dapat mencapai 2.580 sambungan rumah,” katanya. (Sodik)