Pemkab Serang Dukung Program CSR dari PGN

SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melaunching Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sabar Subur Teluk Terate, Peresmian Jembatan Desa Pasir Buyut, Kecamatan Jawilan menghubungkan Desa Cidahu, Kecamatan Kopo dan Revitalisasi Situ Tasikardi di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (9/8).

Peresmian secara simbolis dilakukan dengan menerbangkan 52 ekor burung terdiri dari perkutut, camar dan gereja. Selain itu, dalam acara ini pun dilakukan penanaman pohon dan menebar ikan di Situ Terate oleh Bupati Ratu Tatu Chasanah dan Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk Jobi Triananda Hasdjim.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Serang Muchsinin, Camat Kramatwatu Adam, Kepala Desa Margasana, pengurus BUMDes Sabar Subur, perwakilan PT Wijaya Karya dan beberapa anak perusahaan PT PGN, Kepala OPD Kabupaten Serang, Kepala Desa Teluk Terate Dedi Supriatna, serta pendamping CSR PGN

Bupati Ratu Tatu Chasanah menyampaikan ucapan terima kasih pada PT PGN yang didampingi oleh konsultan CSR CFCiD, atas aktivitas dan tanggung jawab sosial mendorong kemajuan desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan yang telah dilakukan antara lain peningkatan kapasitas pelaku usaha di Desa Teluk Terate, dengan memberikan berbagai pelatihan kewirausahaan untuk menguatkan perekonomian BUMDes,” terang Tatu saat sambutan, Rabu (9/8).

Kemudian, kata Tatu, melakukan penataan dan perbaikan sarana dan prasarana kawasan wisata Tasikardi, dengan menanam pohon dan pembibitan ikan sebagai modal menjaring dan menarik wisatawan, dan membangun jembatan di Desa Pasir Buyut, Kecamatan Jawilan.

“Bentuk dan kontribusi kepedulian dari perusahaan seperti inilah yang saya harapkan, karena untuk melakukan pembangunan tidak hanya tugas dari pemerintah saja melainkan tugas kita bersama,” ungkap Tatu.

Ia mengimbau pada Kepala Desa dan masyarakat yang telah mendapat kesempatan ini, agar benar-benar dikelola dengan baik, profesional serta terpelihara dengan baik.

Direktur Utama PT PGN Jopi Triananda Hasdjim mengatakan, PT PGN sebagai BUMN hadir untuk negeri, bukan hanya berbisnis saja tapi harus terasa manfaatnya oleh rakyat.

“PT PGN membangun jembatan di Desa Pasir Buyut, Kecamatan Jawilan sebagai penghubung dua desa dengan Desa Cidahu, Kecamatan Kopo,” terangnya.

Selain membangun jembatan, PT PGN kata dia, meluncurkan BUMDes. Ia tidak bisa membayangkan seandainya setiap desa memiliki BUMDes tentu akan mempercepat proses pembangunan nasional.

“Pikiran pusat akan terkurangi karena ada kumpulan terkecil dari republik ini ada di desa. Ke depan kami juga ingin bantu daerah lain. Dan Kabupaten Serang, BUMDes ini jadi role model di daerah lain,” ucapnya.

Adanya CSR (corporate social responsibility) dari PT PGN ini, terangnya semata-mata sebagai wujud kepedulian bersama, karena hidup harus saling mendukung dan menjaga sehingga stabilitas nasional pun bisa optimal.

“Kami memberikan kail bukan ikan. Supaya desa bisa membangun perekonomian di desa secara mandiri,” pungkasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).