SERANG – Pemkab Serang menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi yaitu Universitasi Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), dan terbaru Universitas Katolik Parahiyangan (Unpar) Bandung.

Kerja sama antara Pemkab Serang dengan Untirta dalam bentuk pendidikan vokasi setara diploma satu bagi mahasiswa asal Kabupaten Serang dengan jurusan ilmu kimia. Mahasiswa yang lulus akan langsung diserap oleh PT Krakatau Steel (KS). Dengan Untirta pula, Pemkab Serang mendukung pembentukan Fakultas Kedokteran dengan menyerahkan Akademi Keperawatan (Akper) Pemda Serang.

Kemudian dengan UI dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa asal Kabupaten Serang setara diploma tiga (D-3). Kemudian kerja sama lainnya, mulai dari penelitian, pendampingan program, hingga pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat.

Sementara penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara Pemkab Serang dengan Unpar dilaksanakan di Gedung Rektorat Lantai 2 Unpar, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, Jumat (23/2). MoU langsung ditekan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Rektor Unpar, Mangadar Situmorang Ph.D.

Turut hadir dari Pemkab Serang yakni Wakil Bupati Pandji Tirtayasa, Pj Sekda Agus Erwana, Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Irawan Noor, dan sejumlah pejabat Pemkab Serang lainnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, kerja sama dengan Unpar dilatarbelakangi bahwa kebijakan otonomi daerah sesungguhnya memberikan tanggungjawab dan beban kerja yang jauh lebih berat kepada pemerintah daerah. Sementara pemerintah daerah masih dihadapkan pada berbagai permasalahan klasik berupa keterbatasan kualitas dan kuantitas sumber daya, baik anggaran, sumber daya manusia, maupun sarana dan prasarana.

“Hal ini mengharuskan jajaran aparatur daerah untuk berpikir secara kreatif dan inovatif untuk membangun sistem manajemen pemerintahan yang lebih efektif dan efisien,” ujarnya melalui siaran pers.

Salah satu strategi yang dapat ditempuh adalah dengan mengembangkan pola-pola partisipasi, kerjasama, dan kemitraan. “MoU ini merupakan wujud nyata Pemkab Serang dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di pemerintahan daerah, pendidikan dan pelatihan serta penyelenggaraan pengkajian dan konsultasi,” ujarnya.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. dalam sambutannya mengapresiasi kunjungan Bupati Serang dan jajaran dalam rangka untuk kepentingan bersama untuk bekerja sama. Dengan segala potensi yang dimiliki Unpar, mulai dari pengajar, dosen, serta peneliti dan masyarakat, pihaknya siap melaksanakan tri dharma perguruan tinggi bersama Pemkab Serang.

“Secara khusus kami mengapresiasi teman-teman Fakultas Teknik, khususnya aristek. Kami harapkan bisa memberikan kontribusi bagi kerja sama ini dan tentu dengan catatan, tidak berhenti di atas kertas,” ujarnya. (Anton Sutompul)