Pemkab Serang Minta Pemprov Bantu Pembangunan Puspemkab

SERANG – Pemkab Serang meminta Pemprov Banten untuk membantu pembangunan pusat pemerintahan kabupaten (puspemkab) di Kecamatan Ciruas dan Kragilan.

Hal itu terungkap pada Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Serang 2020 di Aula Tb Suwandi, Pemkab Serang, Rabu (30/1).

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang Rachmat Maulana mengatakan, pembangunan puspemkab sangat berat jika hanya ditanggung oleh Pemkab Serang.  “Ya provinsi selaku orangtua kita, kita mintalah untuk membantu, seperti halnya pembangunan interchange, kita bareng-bareng,” katanya.

Menurut Rachmat, jika anggaran Pemkab Serang semuanya dialokasikan untuk pembangunan puspemkab, akan berdampak pada pembangunan infrastruktur lainnya yang dibutuhkan masyarakat. “Kalau kita bangun puspemkab besar-besaran, tapi jalan rusak, masyarakat bisa marah ke kita,” ujarnya.

Dikatakan Rachmat, Pemprov memang sebelumnya sudah membantu saat proses pembebasan lahan puspemkab. Namun, tahap pembangunan fisik juga perlu bantuan Pemprov. “Sekarang kan kita sedang fokus ke pembangunan gedungnya, akses jalan masuknya juga sudah ada,” pungkasnya. (Abdul Rozak)