Pemkab Serang Pasang 450 PJU

Warga melintas di Jalan Raya Kramatwatu-Waringinkurung yang masih minim PJU, Kamis (3/1)

SERANG – Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan memasang 450 Penerangan Jalan Umum (PJU). Banyak jalan di Kabupaten Serang yang belum tersedia PJU.

Pantauan Radar Banten di Jalan Raya Kramatwatu-Waringinkurun, Desa Sukabares, Kecamatan Waringinkurung, Kamis (2/1) malam, jalan tampak gelap. Ketersediaan PJU minim.

Kepala Dishub Kabupaten Serang Hedi Tahap mengaku, sering mendapat keluhan warga soal minimnya PJU. “Makanya 2020 ada 450 PJU yang akan kami pasang,” kata Hedi kepada Radar Banten di ruang kerjanya, kemarin.
Dijelaskan Hedi, anggaran yang disediakan untuk pemasangan 450 PJU senilai Rp10,1 miliar di seluruh wilayah di Kabupaten Serang. Pemasangan PJU akan mulai dilakukan Februari. “Prosesnya bertahap, kita utamakan wilayah yang benar-benar membutuhkan PJU,” katanya.

Hedi menargetkan, pemasangan PJU akan dilakukan di jalan penghubung antar-kecamatan dan jalan desa yang statusnya ditingkatkan menjadi jalan kabupaten. Selain pemasangan PJU, pihaknya juga akan melakukan pemasangan marka jalan dan imbauan keselamatan. “Kalau marka jalan anggarannya Rp3 miliar,” ujarnya.

Hedi mengatakan, pihaknya sedang mendata lokasi mana saja yang perlu diprioritaskan untuk pemasangan PJU. Pihaknya mengimbau agar warga tetap bersabar dan turut menjaga fasilitas PJU, marka jalan dan lainnya. “Hampir setiap hari kami menerima keluhan, tapi kami akan tetap melayani dan terus memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Rahmat, warga Kecamatan Waringinkurung mengaku kondisi jalan di wilayahnya sudah bagus, namun jika malam gelap karena belum ada penerangan jalan. Karena itu, warga berinisiatif memasang tiang penerangan jalan sederhana secara mandiri. “Warga iuran Rp200 ribu buat pasang tiang penerang jalan sementara,” pungkasnya. (Haidar)