Pemkab Serang Raih Penghargaan Akreditasi Terbanyak

Dari BAN PAUD dan PNF Banten

0
59
Perwakilan Dindikbud Kabupaten Serang menerima penghargaan dari BAN PAUD/PNF Banten di Le Dian Hotel, Rabu (1/11) malam. FOTO: DINDIKBUD FOR RADAR BANTEN

SERANG – Pemkab Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) meraih penghargaan dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD/PNF) Banten. Pemkab terpilih sebagai kabupaten terbanyak melakukan akreditasi terhadap lembaga PAUD/Pendidikan Masyarakat (Dikmas). Penghargaan diterima Pemkab saat acara evaluasi BAN PAUD/PNF dan penyusunan profil 2018 di Le Dian Hotel, Rabu (1/11) malam.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, sampai saat ini sudah sebanyak 356 dari 967 lembaga PAUD di Kabupaten Serang yang sudah terakreditasi. Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah melakukan akreditasi terhadap 23 dari 60 pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dan 10 dari 29 lembaga kursus pelatihan (LKP) yang ada di Kabupaten Serang.

Alhamdulilah, kita meraih piagam penghargaan sebagai kabupaten kota terbanyak melakukan akreditasi terhadap lembaga PAUD/Dikmas dari BAN PAUD/PNF Banten. Ini berkat seluruh jajaran pemkab, khususnya pendidikan dan masyarakat yang terlibat,” terang Asep bangga saat ditemui di gedung DPRD Kabupaten Serang usai paripurna, Kamis (2/11).

Kata Asep, penghargaan diterima oleh Kepala Seksi PAUD Dindikbud. Dijelaskan Asep, meraih penghargaan dari BAN PAUD/PNF tidak mudah. Beberapa hal sebelumnya sudah dilakukan Dindikbud. Di antaranya, penguatan kelembagaan melalui pelatihan pengelolaan kelembagaan bagi penyelenggara PAUD, PKBM dan LKP. Kemudian, fasilitasi seluruh lembaga penyelenggara untuk melakukan evaluasi diri dengan cara membandingkan tolok ukur normatif dengan kondisi riil yang telah diupayakan, serta proses akreditasi yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari evaluasi diri, penilaian pembina internal sampai penilaian oleh tim asessor.

“PAUD yang telah memenuhi kriteria pemenuhan layanan implementasi kurikulum, personel dan sarpras kita ajukan untuk penilaian ke BAN untuk dinilai asessor. Semoga dengan penghargaan akreditasi ini lebih menguatkan kelembagaan dalam layanan kepada masyarakat,” harapnya.

Senada disampaikan Sekretaris Dindikbud Kabupaten Serang Sarjudin yang bangga atas prestasi yang diraih dari bidang pendidikan, khususnya lembaga PAUD/Dikmas. Urutan proses akreditasi PAUD/Dikmas, kata Sarjudin, dimulai sejak 2015 sebanyak 100 lembaga, 2016 sebanyak 100 lembaga, dan 2017 sebanyak 156 lembaga yang terakreditasi. (Nizar S/RBG)