Sosialisasi seleksi penerima beasiswa perguruan tinggi yang diikuti perwakilan SMA se-Kabupaten Serang di SMA Negeri 1 Ciruas, Senin (13/5).

SERANG – Pemkab Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) mulai membuka seleksi calon penerima beasiswa perguruan tinggi untuk pelajar sekolah menengah atas (SMA) kalangan kurang mampu berprestasi. Proses seleksi dimulai dari sekolah.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi seleksi penerima beasiswa perguruan tinggi yang diikuti perwakilan SMA se-Kabupaten Serang di SMA Negeri 1 Ciruas, Senin (13/5). Pada kesempatan itu, Asep menyampaikan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan beasiswa perguruan tinggi harus terseleksi dulu di tingkat SMA. “Calon mahasiswa penerima berasiswa perguruan tinggi harus pelajar yang benar-benar membutuhkan secara ekonomi dan terbukti berprestasi,” ujar Asep melalui sambungan telepon seluler, Selasa (14/5).

Kata Asep, beasiswa berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang untuk calon mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN). Beasiswa yang akan diberikan oleh Pemkab Serang, kata Asep, meliputi jurusan D-3 UI untuk program studi akuntansi, administrasi perkantoran, perpajakan, visioterapi, kerumahsakitan, okupasi terapi, serta manajemen informasi dan dokumen.

Selain itu, jurusan vokasi Untirta D-1, yaitu program studi teknik kimia, serta ilmu administrasi di STIA LAN. Untuk kuota beasiswa kedokteran Untirta, tambah Asep, sebanyak lima orang, vokasi UI D-3 tujuh orang, dan vokasi Untirta D-1 30 orang.

Rencananya kuota penerima beasiswa vokasi Untirta D-1 akan ditambah menjadi 60 orang. Untuk beasiswa di UI, lanjutnya, sudah termasuk biaya pendidikan dan biaya hidup termasuk sewa indekos. “Untuk vokasi Untirta, kita tanggung biaya pendidikannya. Untuk STIA LAN kuotanya ada puluhan,” ungkapnya.

Kata Asep, pihaknya memberikan kesempatan kepada sekolah paling lambat 15 Mei untuk menyerahkan nama siswa yang akan mengikuti seleksi. Untuk pendaftaran mengikuti jadwal masing-masing perguruan tinggi.

Asep juga mengungkapkan, total anggaran yang disiapkan Pemkab Serang untuk beasiswa vokasi sekira Rp650 juta, terdiri atas vokasi UI Rp300 juta dan vokasi Untirta Rp350 juta. Anggaran belum masuk beasiswa kedokteran Untirta.

“Kami membebaskan biaya pendaftaran untuk 100 orang yang memenuhi kriteria yang ingin masuk ke UI. Semua jalur mandiri,” tegasnya. (Nizar S)