Pemkab Serang Siapkan Angkutan Umum di Tiga Jalur Ini

0
1.363 views

SERANG – Pemerintah Kabupaten Serang menyediakan angkutan perintis. Angkutan tersebut akan beropersi di tiga trayek yaitu Tanara-Tirtayasa, Desa cijeruk-Kragilan dan Pamarayan-Gunungsari. Untuk setiap trayek, akan ada dua armada yang beroperasi.
Angkutan-angkutan tersebut disiapkan untuk merangsang angkutan lain beroperasi di tiga trayek tersebut. Jika berhasil, Pemkab Serang akan menambah trayek baru seperti Kopo-Cikande, Bojonegara-Puloampel dan Carenang-Tirtayasa.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Hedi Tahap menjelaskan, program angkutan perintis ini sengaja dibuat Pemkab Serang karena selama ini perusahaan transportasi swasta belum tertarik untuk beropersi di trayek-trayek tersebut. Padahal, lanjut Hedi, Pemkab Serang telah menetapkan jalur tersebut sebagai jalur angkutan umum.

“Selain itu, Pemkab jiga sudah membangun terminal di Tanara sebagai titik kumpul,” ujar Hedi, usai ditemui awak media di SMP N 1 Tirtayasa, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Senin (31/7).
Menurut Hedi, di Kabupaten Serang masih banyak daerah-daerah yang belum dilalui angkutan umum seperti Cikande-Kopo, Bojonegara-Puloampel, Carenang-Tirtayasa dan masih banyak lagi. Sehingga ke depan apabila jalur yang dilalui angkutan perintis sudah banyak angkutan lain, Dishub akan berupaya untuk pindah ke jalur lain.

“Disini (Tanara-Tirtayasa-red) sudah ada trayeknya tetapi tidak ada angkutan umum yang berminat, dengan itu kami masukan dulu (angkutan perintis-red). Namanya perintis ini tidak bersifat permanen, dan kami akan alihkan lagi ke daerah lain kalau trayek ini sudah ada angkutan umumnya,” ungkap Hedi.

Hedi menjelaskan, pihaknya sengaja membidik Tanara-Tirtayasa, karena di sepanjang terayek ini banyak anak sekolah.

Pengadaan angkutan perintis ini, lanjut Hedi, sudah disiapkan sejak akhir tahun 2016, namun belum siap dana operasionalnya baik untuk pengemudi maupun bahan bakarnya, dan baru disiapkan tahun ini. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)