Pemkab Serang Tambah Beasiswa Guru PAUD, 331 Lulus Sarjana

0
408 views
Para Guru PAUD lulus sidang skripsi sarjana atau strata satu (S-1)

SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) memberikan tambahan beasiswa sarjana untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Direncanakan, ada 350 guru PAUD yang diberi kesempatan menerima beasiswa untuk melanjutkan pendidikan strata satu (S-1).

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, pihaknya memberikan beasiswa untuk 351 guru PAUD untuk menempuh studi S-1 pada angkatan pertama. “Sebanyak 331 guru PAUD yang sudah menerima beasiswa telah lulus sidang skripsi. Sisanya 20 penerima beasiswa akan ujian skripsi tahun 2021,” ungkap Asep dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (7/9/2020).

Setelah ratusan penerima beasiswa lulus sidang skripsi dan tinggal menunggu jadwal wisuda, lanjut Asep, pihaknya tahun ini kembali merekrut guru PAUD yang akan menerima beasiswa. “Sebanyak 350 guru PAUD yang akan diberikan beasiswa dari APBD penuh sampai tuntas mulai tahun ini,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Asep, tahun ini pihaknya juga telah menyiapkan anggaran beasiswa untuk 8 mahasiswa baru di Universitas Indonesia (UI). Menyusul kakak kelasnya yang sudah menerima beasiswa tahap pertama sebanyak 13 mahasiswa, serta yang sudah masuk semester tiga. Kemudian, tambah Asep, ada kesempatan untuk lima calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Untirta untuk mendapatkan beasiswa dari Pemkab Serang. “Lima mahasiswa ini akan menyusul jejak angkatan pertama sebanyak 7 mahasiswa yang sudah kuliah di Fakultas Kedokteran Untirta,” terangnya.

Tidak sampai di situ, Pemkab Serang juga menyiapkan beasiswa untuk calon mahasiswa baru pada studi vokasi di Fakultas Teknik Untirta sebanyak 25 orang. “Untuk vokasi Fakultas Teknik Untirta sebelumnya telah sukses meluluskan dua angkatan. Angkatan pertama 37 orang, dan angkatan kedua 42 orang,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, program beasiswa perguruan tinggi dilaksanakan dalam rangka meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Serang. “Beasiswa untuk guru PAUD diberikan agar anak-anak kita di usia emas, di usia dini, mampu dididik lebih baik lagi. Dan pada saatnya nanti, anak-anak usia dini ini akan menjadi generasi emas Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sementara beasiswa sarjana di UI dan Untirta, kata Tatu, diberikan untuk para mahasiswa yang punya prestasi dari kalangan keluarga tidak mampu secara ekonomi. “Jika punya kemauan, punya daya juang tinggi, serta berprestasi, masyarakat Kabupaten Serang berhak difasilitasi agar bisa kuliah. Setelah lulus nanti, mereka akan membanggakan dan mengabdi untuk masyarakat Kabupaten Serang,” pungkasnya. (Nizar)