Pemkab Tangerang Baru Ajukan 6.000 Vaksin

0
398 views

TIGARAKSA – Upaya memutus penyebaran Covid-19 melalui vaksinasi, Pemkab Tangerang membutuhkan sekira 3 juta  vaksin untuk masyarakat Kabupaten Tangerang. Di tahap pertama, Pemkab Tangerang sudah mengajukan sebanyak 6.000 vaksin ke Pemprov Banten.

“Sampai dengan saat ini kita masih menunggu datangnya vaksin Covid-19 di Kabupaten Tangerang,” ujar Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmidzi kepada wartawan, Selasa, (1/11).

Hendra menuturkan, informasi yang dihimpun dari Pemprov Banten, alokasi vaksin untuk kabupaten/kota masih belum pasti. Rencananya, kata Hendra, sistem pembagian vaksin berdasarkan aplikasi yang dikeluarkan oleh Erik Tohir, yang hingga saat ini masih dalam proses.

“Rencana pakai aplikasi bukan manual, tapi yang manual juga kita sudah data mencapai 6.000 yang diajukan ke Pemprov Banten. Terdir idari TNI-Polri, tenaga kesehatan, Satpol-PP. Belum ada untuk pejabat dinas, semua akan dapat tapi bertahan,” tandasnya.

Hendra menyebut bahwa total vaksin yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang mencapai 3 juta jiwa. Angka tersebut didapatkan dengan melihat jumlah penduduk Kabupaten Tangerang yang berusia 18-59 tahun. “Berdasarkan aturan usia 18-59 tahun yang wajib divaksinasi. Selebihnya kita belum tahu dan tergantung kebijakan pemerintah pusat,” tuturnya.

Untuk aplikasi sendiri, Hendra menjelaskan, data yang didapatkan berasal dari Disdukcapil Kabupaten Tangerang, dengan melihat data penduduk yang sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian, kata dia, melalui aplikasi di sistem Android, tentunya akan terdaftar. Apabila ada warga yang tidak mempunyai handphone Android bisa berkoordinasi dengan Babinsa atau Babinkhamtibmas.

“Seperti itu cara kerjanya, tapi saya juga belum tahu secara pasti karenakan belum resmi keluar,” tandasnya.

Ia juga berharap, agar di awal tahun 2021 vaksinasi mulai bisa dilakukan. Tentunya, kata dia, pemerintah berharap di September 2021 sudah ada 60-70 persen masyarakat sudah mendapatkan vaksin. (sep/din/air)