Pemkab Tangerang Berencana Bangun Rumah Korban Puting Beliung

0
514 views

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang berencana membangun kembali rumah-rumah masyarakat di lima desa yang rusak karena dampak puting beliung di Kecamatan Mauk, Kamis (12/12) lalu. Selain membangun rumah, Pemkab Tangerang juga mengajak warga untuk kerja bakti bersama pada Jumat (20/12) hingga Minggu (22/12).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, dalam kerja bakti tersebut akan dilakukan perapihan puing-puing dan pembangunan kembali rumah warga. “Kerja baktinya nanti bukan cuma bersih-bersih ya, tapi juga membangun kembali rumah warga yang terdampak puting beliung,” katanya setelah membahas persiapan peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Tangerang ke-76 di Aula Wareng lantai tiga, perkantoran Bupati, Selasa (17/12).

Zaki menambahkan, dalam kegiatan akan melibatkan berbagai instansi mulai dari Pemkab Tangerang, TNI, Polisi, Karangtaruna, dan organisasi kepemudaan lainnya. Namun ketika ditanya soal anggaran pembangunan rumah korban puting beliung, Zaki menjelaskan tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). “Enggak ada APBD, semuanya dari donatur. Untuk sistem dan jumlahnya masih dibahas,” tambahnya.

Menurutnya, kerja bakti sebagai bentuk kepedulian Pemkab Tangerang kepada masyarakat yang terkena musibah. “Jadi jangan ada lagi yang bilang, Pemkab Tangerang hura-hura merayakan HUT Kabupaten Tangerang. Bahkan saya sudah turun langsung ke lokasi beberapa jam setelah kejadian. Jadi enggak benar hura-hura saat momen duka. Hiburan HUT diadakan untuk semua masyarakat Kabupaten Tangerang,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah menegaskan, pembangunan kembali rumah warga terdampak puting beliung tidak menggunakan APBD. “Leading sektornya itu BPBD, kami hanya bersifat supporting karena tidak ada anggarannya. Kecuali jika ada rumah terdampak yang sudah terdaftar bantuan bedah rumah dari Pemkab atau pemerintah pusat,” tegasnya melalui sambungan telepon. (mg-04/adm)