SERANG – Dinas Tata Kota (DTK) Kota Serang rencananya akan merelokasi sebanyak 96 kepala keluarga penghuni ilegal atau skuater di Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen. Relokasi akan dilakukan bila Pemkab Serang menyerahkan lahan milik Pemkab seluas 1,5 hektare yang terletak di Kampung Pandeuk, Kelurahan Sawah Luhur.

Kepala DTK Kota Serang Muhamad Ridwan kepada wartawan via telpon seluler, Selasa (10/2/2015) sore, mengatakan, relokasi ini untuk mengantisipasi banjir juga mengurangi permukiman kumuh.

“Berdasarkan pendataan tahun lalu, jumlah penghuni skuater yang harus direlokasi sebanyak 96 kepala keluarga. Tapi itu data lama, kita harus update data terbaru,” ungkap Ridwan.

Ridwan mengaku, secara formal Pemkot memang belum meminta lahan itu kepada Pemkab. Lahan itu sekira satu setengah sampai dua meter dahulu juga dibebaskan Pemkab untuk penghuni skuater. “Apabila lahan itu telah menjadi milik Pemkot, maka pihaknya akan mengusulkan anggaran untuk pembangunan rusun (rumah susun-red) ke Kementerian Pekerjaan Umum atau Kementerian Perumahan Rakyat,” kata Ridwan.

Ridwan menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan koordinasi bersama dengan Bagian Aset Pemkot Serang untuk menindaklanjuti persoalan lahan milik Pemkab tersebut. (Fauzan Dardiri)