Pemkot Cilegon Akan Pasang Tapping Box di Seluruh Restoran

0
140

CILEGON – Dalam waktu dekat Pemkot Cilegon akan memasang tapping box disetiap restoran yang ada diwilayahnya. Untuk diketahui tapping box adalah sebuah alat yang dapat menghitung transaksi yang tercetak oleh printer point of sales yang digunakan oleh wajib pajak.

Disebut-sebut, manfaat dari Tapping Box ini agar wajib pajak terhindar dari laporan internal fiktif karena dapat mengetahui pendapatannya secara riil. Sedang bagi Pemkot Cilegon untuk meningkatkannya transparansi, akuntabilitas, efektifitas dan efesiensi dalam pemungutan pajak yang dibayarkan benar-benar masuk ke kas Negara.

Ditemui sejumlah wartawan, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cilegon Maman Mauludin membenarkan adanya rencana pemasangan tapping box itu. Kata dia usulan itu hasil rapat kerja dengan Komisi III DPRD Kota Cilegon yang menargetkan hingga akhir tahun tapping box telah terpasang di seluruh restoran.

“Bener pemasangan akan kita lakukan. Kita pasang sebagai bentuk asesment pajak, walau mereka ngitung sendiri tapi kita juga punya kewenangan untuk mengaudit,” kata Maman saat ditemui sejumlah wartawan di halaman kantor Pemkot Cilegon, Selasa (10/10).

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kota Cilegon Babay Suhaemi mengatakan rencana pemasangan tapping box merupakan salah satu terobosan dalam rangka peningkatan PAD.

“Kita mau jangan ada kebocoran pajak dari restoran. Jika itu sudah diterapkan pasti hasilnya akan luar biasa. Kaya di Bandung dan Bandar Lampung,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)