Pemkot Cilegon Dirikan Lima Posko Mudik

Pengguna jalan melintas di simpang Land Mark Kota Cilegon, Jumat (24/5). Lokasi ini akan menjadi salah satu posko mudik yang didirikan Pemkot Cilegon.

CILEGON – Pemkot Cilegon mendirikan lima posko mudik pada Lebaran tahun ini. Lokasinya berada di Terminal Merak, Land Mark Kota Cilegon, Jalan Lingkar Selatan (JLS) area Pondok Cilegon Indah (PCI), JLS area Ciwandan, dan Terminal Seruni. Posko itu akan dibuka sejak H-7 hingga H+7 Lebaran.

Kepala Dinkes Kota Cilegon Arriadna menjelaskan, pihaknya menyiagakan dokter, peralatan medis, obat-obatan, dan ambulans di setiap posko mudik.

“Jika pemudik mengalami gangguan kesehatan ringan maka akan langsung ditangani di posko. Tapi jika harus dirujuk akan langsung dibawa ke rumah sakit,” jelas Arriadna, Jumat (24/5).

Gangguan kesehatan yang kerap dialami para pemudik selama arus mudik adalah sakit kepala, kelelahan, kembung, mual, diare, dan flu. Tahun lalu, pemudik yang mengalami gangguan kesehatan mencapai ratusan orang.

Arriadna mengimbau kepada para pemudik agar menerapkan pola hidup sehat serta memperbanyak minum air putih, sayur-sayuran, dan buah-buahan saat berbuka puasa.

“Kalau bawa kendaraan harus yakin tidak dalam keadaan ngantuk, jangan menerima makanan atau minuman yang disodorkan oleh orang tak dikenal, khawatir racun atau bius,” ujarnya. (Bayu M)