Pemkot Cilegon Launching Program Penanganan Fakir Miskin

CILEGON – Pemkot Cilegon melaunching program penanganan dan pemberdayaan fakir miskin tahun 2017. Acara berlangsung di halaman Kantor Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon, Selasa (15/8).

Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi dalam sambutannya memaparkan program penanganan fakir miskin merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Pemkot Cilegon untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Pengembangan potensi diri, pemberdayaan, pemberian bantuan stimulan penyediaan pelayanan perumahan, kesehatan dan pendidikan serta akses kesempatan kerja.

“Penanganan fakir miskin perlu dilakukan secara terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah kota, pemerintah daerah, dan masyarakat,” ujarnya.

Kata dia, dari komitmen tersebut Pemkot Cilegon menggulirkan beberapa program baik yang bersifat preventif maupun represif yang sasarannya perseorangan ataupun kelompok.

“Untuk di anggaran tahun 2017 ini salah satunya JSCM (Jaminan Sosial Cilegon Mandiri) dengan target realisasi anggaran Rp 2,5 miliar, yang akan disalurkan kepada 2.500 keluarga penerima manfaat. Kemudian program bantuan perlengkapan sekolah, dan juga rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni,” katanya.

Sementara itu, Lurah Bagendung Safiudin mengaku wilayahnya tersebut merupakan salah satu wilayah yang angka keluarga penerima manfaatnya tertinggi di Kota Cilegon. Ia optimis angka rumah tangga sasaran itu akan berangsur menurun seiring berjalannya program penanganan fakir miskin yang dilaunching oleh Pemkot Cilegon.

“Kita RTS-nya paling tinggi. Ada sekitar 294 orang. Itu termasuk data yang baru dari tahun 2016, semoga angka itu terus terun,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)