Pemkot Cilegon Sediakan Medical Center di Kelurahan

0
259

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon serius menangani kesehatan warga Kota Cilegon. Hal ini dibuktikan dengan menyediakan medical center, salah satunya di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, yang diresmikan Rabu (13/4 ).

Tempat medical center merupakan kantor kelurahan lama yang dialihfungsikan menjadi pusat pelayanan kesehatan pertama bagi masyarakat yang sakit agar segera tertangani tanpa harus pergi ke rumah sakit yang berjarak cukup jauh.

Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi dalam sambutannya berterima kasih kepada Dinas Kesehatan dengan terwujudnya medical center di Kelurahan Taman Baru. “Eksistensi dari pemerintah itu adalah seberapa besar memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka percepatan penanganan kesehatan masyarakat, medical center ini diharapkan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” tuturnya.

Iman menjelaskan medical center merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan di Kota Cilegon.

“Penyelenggaraan pusat kesehatan masyarakat perlu ditata ulang untuk meningkatkan aksesbilitas, keterjangkauan dan kualitas pelayanan. Dalam rangka meningkatkan derajat masyarakat serta menyukseskan program jaminan sosial nasional itulah medical center diharapkan mampu melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan di Kota Cilegon yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Menurut Iman, medical center diharapkan mampu menjadi penunjang dan membantu jangkauan puskesmas dengan jangkauan ruang lingkup yang lebih kecil. “Untuk melancarkan pelaksanaan fungsi puskesmas, medical center merupakan bagian integral dari puskesmas dengan ruang lingkup yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah, tetapi medical center sudah dilengkapi dengan fasilitas ambulans,” jelasnya.

Iman juga berharap medical center yang dibangun di enam kelurahan di Kota Cilegon ini dapat menjadi solusi dari masalah keterbatasan masyarakat dalam menjangkau pelayanan kesehatan di Kota Cilegon.

“Launching operasional medical center di Kelurahan Ketileng, Kelurahan Bulakan, Kelurahan Bagendung, Kelurahan Taman Baru, Kelurahan Samang Raya dan kelurahan Banjar Negara merupakan bentuk kontribusi Pemeribtah Kota Cilegon dalam melayani Masyarakat dan wujud komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Kota Cilegon,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Arriadna menjelaskan launching medical center ini merupakan bagian dari program walikota Cilegon dalam agenda Cilegon Cerdas dan Sehat.

“Kegiatan yang merupakan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kota Cilegon ini diharapkan mampu mewujudkan agenda Cilegon Cerdas dan Sehat dan semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” katanya. (Riko)