Pemkot Cilegon Siapkan Rp 700 Juta untuk Bantuan Partai Politik

CILEGON – Pemkot Cilegon menyiapkan sekira Rp 700 juta untuk digulirkan sebagai dana bantuan bagi partai politik di tahun 2018 ini. Bantuan yang akan diberikan ini dihitung berdasarkan jumlah suara pemilih.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon Suparman mengungkapkan partai politik yang akan diberikan bantuan hanya bagi parpol yang kadernya telah duduk di kursi anggota DPRD Kota Cilegon. Tahun 2017 lalu Partai Demokrat tidak mengambil dana bantuan ini.

“Ada sembilan partai yang berhak mengambil dana ini. Golkar, PPP, PDIP, PKS, Nasdem, PAN, Gerindra, PKB, dan Demorat. Hanya tahun lalu Demokrat tidak mengambilnya,” ujarnya, usai gelaran fasilitasi bantuan keuangan parpol dalam rangka terciptanya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan bantuan keuangan parpol yang berlangsung di Greenotel, Kota Cilegon, Rabu (28/2).

Suparman menjelaskan saat ini ada 35 kursi anggota DPRD Kota Cilegon yang terisi. Jadi rata-ratanya setiap kursi mendapatkan Rp 20 juta. Kata dia ada aturan baru dari pemerintah pusat sehingga tahun ini ada kenaikan nilai untuk bantuan parpol. Untuk kota dan kabupaten kenaikan mencapai Rp 1.500 per satu suara.

“Dari 100 perak menjadi Rp 1.000. Untuk kota kabupaten dari Rp 1.250 menjadi Rp 1.500. Tapi ada klausul yang tergantung kemampuan daerah. Kalau kemampuan daerah lebih ya bisa lebih dari itu. Tapi di Cilegon sudah Rp 4.600 dan itu sudah lebih dari aturan yang baru,” katanya.

Untuk pencairan dana tersebut, Suparman mengaku Kesbangpol yang akan memprosesnya. Setelah ada persetujuan terlebih dahulu dari Badan Pengawas Keuangan. Pengiriman dana tersebut langsung melalui rekening partai. “Pertengahan tahun. Biasanya juga April ini sudah. Kan ini tahun politik jadi mereka butuh anggaran,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)