Pemkot Cilegon Terbitkan Surat Tanda Penduduk Nonpermanen

Pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatam Sipil (DKCS) Kota Cilegon.

CILEGON – Dinas Kependudukan dan Catatam Sipil (DKCS) Kota Cilegon menerbitkan Surat Tanda Penduduk Nonpermanen bagi para pendatang yang masuk ke Kota Cilegon.

Plt Kepala DKCS Kota Cilegon Hayati Nufus menjelaskan, penerbitan surat tersebut berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 41 Tahun 2018 tentang Pedoman Pendataan Penduduk Nonpermanen.

Nufus menjelaskan, surat tersebut untuk masyarakat dari daerah lain yang menetap di Kota Cilegon sementara waktu, seperti untuk kepentingan pekerjaan maupun kepentingan lainnya tanpa harus mengubah kartu tanda penduduk (KTP).
“Surat itu bentu kontrol pemerintah terhadap pendatang yang tidak memiliki KTP Kota Cilegon,” ujat Nufus kepada wartawan, Rabu (12/6)

Kata Nufus, pengawas tersebut dilakukan langsung di tingkat RT supaya pendatang bisa terawasi secara langsung oleh pemerintah.

Pasca-Idul Fitri, lanjut dia, DKCS telah mencatat sejumlah pendatang dari daerah lain, rata-rata kedatangannya untuk mencari pekerjaan. Namun terkait data asal daerahnya, Nufus belum bisa menjelaskan secara rinci. (Bayu Mulyana)