Puspemkot Tangerang.

TANGERANG – Pemkot Tangerang akan menggunakan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta untuk pengembangan transportasi, infrastruktur jalan, dan sumber daya air.

Informasi yang diperoleh, dana hibah yang diberikan Pemprov DKI Jakarta pada 2015 pun demikian. Besarannya sekitar Rp100 miliar. Untuk 2016, Pemkot Tangerang mendapat kucuran dana dari pemerintah ibukota negara itu diperkirakan lebih dari Rp2 triliun.

Alokasi anggaran tersebut, digunakan untuk membiayai proyek lanjutan maupun proyek baru. Yakni, elevated busway di Ciledug dan perluasan jalan di sisi Kali Mookervart, dan penataan Situ Cipondoh.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang Nana Trisyana mengatakan, pembangunan jalan sisi selatan mookervart yang saat ini sedang berjalan, menggunakan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta.

”Pembangunan jalan ini menggunakan hibah DKI Jakarta. Dana proyek ini multiyears,” ujar Nana, dalam siaran persnya yang diterima Radar Banten, pekan lalu. Nana tak menyebut besaran anggaran yang dimaksud.

Nana mengatakan, pembangunan jalan sisi selatan mookervart untuk menambah kapasitas pergerakan lalu lintas di Jalan Raya Daan Mogot. Ini akan mengurai kepadatan lalu lintas di jalan tersebut.

Pembangunan jalan sisi selatan dikerjakan selama dua tahun. Mulai 2016. Jalan ini memiliki lebar 20 meter, termasuk median jalan dan trotoar. Untuk jalan, selebar 11,5 meter dengan dua jalur, sisanya untuk trotoar dan median jalan, di sebelah kanan dan kiri serta saluran air.

Sebanyak 16 perusahaan swasta di sepanjang jalan itu, lahannya akan terkena proyek ini. Perusahaan itu antara lain, PT Arcadia yang lahannya kena 270 meter, PT 3 Multi Gudang 100 meter, PT Era Prima 400 meter, PT Multi Bintang Indonesia 405 meter, PT Polari 200 meter, Garda Bakti Nusantara 400 meter. Total pengerjaan proyek ini 1.775 meter.

Proyek ini dikerjakan PT Moderna Teknik Perkasa. Perwakilan PT Moderna Teknik Perkasa Sigit mengaku progres pengerjaannya cukup baik. Target waktu pengerjaan proyek ini hingga Januari 2018. Pihaknya optimistis ini akan tercapai.

Dalam satu kesempatan, Kepala Bappeda Kota Tangerang Said Endrawiyanto mengatakan, penggunaan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta konsentrasinya sama seperti tahun sebelumnya. Ini sesuai dengan konsep Kota Tangerang yang ingin mengembangkan transportasi publik yang berbasis jalan, rel kereta api, dan air.

Khusus elevated busway, bus ini akan melaju di ruas Ciledug perbatasan Jakarta Selatan dan Tangerang menuju Terminal Porisplawad. Penggunaan lainnya untuk normalisasi dan penataan Situ Cipondoh. (Wahyu/RBG)