Pemkot Hibahkan Tanah untuk KPU Kota Serang

0
378

SERANG – Pemkot Serang menghibahkan tanah untuk pembangunan gedung KPU Kota Serang. Hibah tanah sekira dua ribu meter di dekat Kantor Koramil Cipocokjaya ini akan diberikan dalam waktu dekat ini.

Walikota Serang Syafrudin membenarkan rencana pemberian hibah tersebut. Bahkan, pengajuannya sudah disampaikan pihak KPU Kota Serang. “KPU sudah ajukan, dan kami juga ingin KPU punya kantor representatif,” katanya kepada awak media, kemarin.

Hibah diberikan agar KPU memilik lahan untuk pembangunan kantor yang representatif. Pihak Pemkot hanya bisa memfasilitasi lahannya. Sedangkan untuk pembangunan menjadi tanggungjawab pihak KPU sendiri. “Lahan yang diberikan antara seribu sampai dua ribu sesuai kebutuhan dan lahan yang diberikan itu asli kepemilikan Pemkot Serang,” ujar Syafrudin.

Pria yang dilantik sebagai Walikota pada 25 Desember 2018 ini menilai, keberadaan gedung untuk KPU sangat urgent. Bukan hanya untuk aktivitas, namun mengurai kemacetan yang di wilayah Ciceri.

Kata Syafrudin, lokasi yang saat ini ditempati KPU kurang representatif, sehingga pada saat kegiatan Pemilu, Pilkada dan Pileg sangat mengganggu lalu lintas dan menimbulkan kemacetan di wilayah tersebut. “Saya kira ini langkah yang terbaik, karena Kabupaten/Kota lain sudah punya kantor KPU, hanya Kota Serang yang belum,” jelasnya.

Ia menyatakan, lahan dari Pemkot Serang ke KPU akan diberikan secepatnya dan proses administrasinya akan diserahkan ke Bidang Aset Kota Serang. “Rencananya tanah itu berlokasi di Kecamatan Cipocok Jaya, tepatnya di belakang Koramil Cipocok Jaya,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran membenarkan, pihaknya sudah melayangkan surat secara tertulis kepada Walikota Serang beberapa hari yang lalu. Saat menyerahkan surat itu, Walikota mengaku siap memberikan hibah tanah, namun harus ditempuh sesuai prosedural. “Pada prinsipnya Pak Wali menyetujui hibah tanah itu. Ini kenang-kenangan Pak Wali untuk KPU Kota Serang,” katanya.

Pihak KPU bersama DPKAD Kota Serang jugq sudah melakukan survey ke lokasi pada Kamis 25 Juli 2019. Lahan itu luasnya sekiar seribuan meter persegi. “Nantinya akan dibuat tim kecil untuk memastikan penyerahan lahan tersebut secara tertulis, meski harus dikaji terlebih dulu,” kata Ade.

Kata Ade, jika hibah tanah itu sudah diberikan akan digunakan untuk kantor dan gudang KPU. Sedangkan untuk pembangunan nantinya, KPU Kota Serang akan mengajukan bantuan kepada KPU RI. “Masyarakat tahu bahwa kantor KPU Kota Serang yang sekarang berada di Bunderan, Ciceri, Kota Serang menempati rumah dinas yang kondisinya kurang refresentatif, sempit dan tidak ada lahan parkir. Setiap hari komisioner dan pegawai memarkir kendarannya di jalan depan kantor,” paparnya.

Mantan jurnalis ini berharap, adanya hibah tanah dari pemkot dapat menunjang kinerja KPU Kota Serang kedepannya. “Semoga prosesnya cepat dan kami bisa memberikan yang terbaik bagi proses demokrasi di Kota Serang,” cetusnya. (Ken)