Pemkot Serang akan Bangun Taman Digital di Alun-alun

0
657 views

SERANG – Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Cabang Banten menawarkan konsep Taman Digital kepada Pemkot Serang. Taman tersebut akan berfungsi sebagai pusat aktivitas jaringan berbasis internet yang diyakini akan memperkuat program pemkot yaitu smart city.

General Manager PT Telkom Cabang Banten, Muskab Muzzakar mengatakan, sebagai lembaga pemerintahan yang baik, PT Telkom dan Pemkot Serang berkomitmen untuk bersinergi membangun daerah. Salah satu konsep yang sedang disusun yaitu peningkatkan kualitas Kota Serang adalah dengan membangun Taman Digital.

“Kami sepakat bersinergi, satu semangat, bekerja sama untuk membangun Kota Serang. Kami sedang mencari satu tempat untuk dijadikan Taman Digital. Dan dari penglihatan yang cocok dijadikan Taman Digital adalah Alun-alun,” ujar Muskab usai menggelar rapat terbatas dengan Walikota Serang Tb Haerul Jaman di Setda Kota Serang, Rabu (22/2).

Ia menuturkan, pembangunan Taman Digital dilakukan untuk mendukung program Pemkot Serang yaitu smart city. Rencana pemkot untuk memperkuat akses jaringan internet sehingga warga Kota Serang bisa menikmati layanan tersebut.

“Pemkot Serang menyediakan tempat dan nanti kami menyediakan akses. Selama proses ini, kami akan memperkuat jaringan di kawasan perkantoran Pemkot Serang di Komplek Kota Serang Baru. Karena dari pemeriksaan kami, jaringan di sini kurang begitu baik. Kami sudah meminta izin kepada pak walikota,” jelasnya.

Di tempat berbeda, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Serang, Heri Pamungkas mengatakan, hasil rapat Pemkot Serang bersama PT Telkom Cabang Banten. Bahwa akan dibuat sebuah Taman Digital di Alun-alun Kota Serang. Supaya masyarakat dapat mengakses internet sepuasnya. “Ini pun nantinya akan menjadi sebuah percepatan program smart city yang kita canangkan selesai di akhir 2017. Tapi kita sedang berusaha, supaya smart city dapat terlaksana pada pertengahan 2017,” ucapnya. (Ade F)