Pemkot Serang Bagikan 1 Ton Daging Kurban

Walikota Serang Syafrudin (tiga dari kanan) didampingi Wakil Walikota Subadri Ushuludin menyerahkan hewan kurban di Masjid Al Madani usai salat ied.

SERANG – Sebanyak 1.230 paket daging kurban sapi dan kambing atau kurang lebih 1 ton paket daging kurban dibagikan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang pada Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban tahun 1441 H.  Ribuan paket daging itu dibagikan kepada kelompok masyarakat di Puspemkot Serang, Jumat (1/8). 

Kabag Kesra Pemkot Serang Hudori mengatakan, pembagian ribuan paket daging itu sebagai bentuk kepedulian Pemkot Serang kepada masyarakat yang membutuhkan. Daging itu didistribusikan kepada kelompok masyarakat di antaranya forum silaturahmi pondok pesantren (FSPP) Kota Serang, lembaga, organisasi, kelompok masyarakat dan individual yang mengajukan. 

“Yang mendistribusikan bagian kesra. Mereka kita undang ke sini. Cukup perwakilannya aja yang kesini,” ujar Hudori, kepada Banten Raya (Radarbantengorup), Minggu (3/8) sore.

Ia menjelaskan, pengadaan paket daging kurban itu melalui pihak ketiga dengan nominal di bawah Rp 200 juta dari APBD Kota Serang Tahun 2020.

“Baru tahun ini. Ini sebagai bentuk komitmen pak walikota. Kelihatannya respon masyarakat bagus. Insya Allah tahun mendatang akan dilakukan kegiatan serupa,” ucap dia.

Kata Hudori, pengumpulan hewan kurban tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. “Untuk tahun ini ada peningkatan meskipun dalam situasi Covid-19. Tahun lalu kerbau itu ada empat, dan sapi di bawah 10 ekor,” terangnya. 

Sementara Walikota Serang Syafrudin mengatakan, pelaksanaan Idul Adha tahun ini Pemkot Serang menyalurkan tak kurang dari 32 hewan kurban, yang terdiri dari, 8 ekor kerbau, 12 ekor sapi dan 12 ekor kambing. “Alhamdulillah tahun ini kita mengumpulkan 32 hewan kurban. Secara simbolis diberikan di masjid Al-Madani. Yang lainnya kita salurkan ke masjid-masjid lain untuk diberikan kepada berbagai kalangan masyarakat,” ujarnya kepada wartawan usai melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Al-Madani, Jumat (31/7). 

Kata Syafrudin, bersama Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin dirinya pun menyalurkan hewan kurban. Satu ekor kerbau dan tiga ekor sapi. Ia pun berharap Idul Kurban memberikan dampak positif bagi masyarakat kKa Serang “Saya atas nama pribadi kurban dua ekor, sapi dan kerbau, di rumah. Disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan,” katanya. 

“Intinya melalui Idul Adha atau Idul Qurban ini kita bisa saling berbagi, apalagi di tengah pandemi Corona (Covid-19),” tambah Syafrudin. 

Dalam kesempatan tersebut, kata Syafrudin, menggelar shalat Idul Adha bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di masjid Al Madani Puspemkot Serang. “Saya bersama Wakil dan kepala OPD melaksanakan shalat bersama di Masjid Al-Madani, dan sholat ini seluruhnya untuk masyarakat dilaksanakan di masjid masing-masing dan belum bisa dilakukan di fasilitas umum,” katanya. (bry-fdr/nda)