Pemkot Serang Berikan Bantuan Produktif

0
557 views
Walikota Serang Syafrudin menyerahkan bantuan makanan nutrisi kepada penyandang disabilitas di Kantor Dinsos Kota Serang, Rabu (9/9). Selain makanan nutrisi, diserahkan bantuan berupa alat-alat kerja.

Kepada 665 Lansia, Anak Terlantar dan Disabilitas

SERANG – Sebanyak 665 lanjut usia (lansia), anak terlantar, dan penyandang disabilitas menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemkot Serang, Rabu (9/9). Bansos berupa alat untuk kegiatan produktif penerima bantuan. 

Penyerahan bantuan simbolis itu dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) kota Serang. Bantuan itu berupa makanan nutrisi, kursi roda, pompa mini bahan bakar minyak (BBM), alat jahit, alat sablon, hingga tongkat bagi tuna netra. Bantuan peralatan itu diharapkan dapat menjadi modal usaha. “Mereka ini tidak bisa melakukan kegiatan usaha, karena alat yang mereka miliki rusak, sehingga mereka bisa kembali menjalankan usahanya,” kata Walikota Serang Syafrudin usai acara.

Bansos rutin itu diberikan kepada 390 lansia, 78 penyandang disabilitas, dan 197 anak terlantar. “Ini (bantuan-red) bukan hanya saat Covid-19 saja,” kata Syafrudin.

Sementara Kepala Dinsos Kota Serang Moch Poppy Nopriadi menjelaskan, jenis bantuan itu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penerima. Contohnya, 25 orang penyandang disabilitas mendapat nutrisi disabilitas, empat orang dapat kursi roda, dua orang dapat alat bantu dengar, dua orang dapat pompa mini BBM, dan tujuh orang dapat mesin jahit. Lalu,  empat orang dapat alat sablon,15 orang dapat tongkat kruk, 10 orang dapat tongkat tuna netra, dan 10 orang mendapat rehab kamar. “Ada beberapa bantuan yang diberikan, seperti penyandang disabilitas mendapatkan alat bantu sampai modal usaha,” katanya.

Sedangkan bantuan untuk anak-anak terlantar terdiri dari perlengkapan sekolah dan makanan nutrisi bagi 197 anak. “Bantuan ini rutin setiap tahun, namun dengan anggaran yang berbeda, dan sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya. (fdr/mda)