Pemkot Serang Canangkan Jalur Pesepeda

0
680 views

SERANG – Olahraga bersepeda saat ini tengah digandrungi masyarakat Kota Serang. Tapi, sayangnya hingga kini, Pemkot Serang belum menyediakan fasilitas jalan atau jalur khusus bagi pesepeda di Ibu Kota Provinsi Banten.

Rencananya, Pemkot Serang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang mencanangkan dalam waktu tertentu menyediakan jalur khusus bagi pesepeda, dimulai di jalur protokol dimulai dari Alun-alun Kota Serang, di jalan Veteran, jalan Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Sudirman, berputar balik ke arah Alun-alun di Taman Patung Tugu Debus.

Kepala Dishub Kota Serang, Maman Lufti mengatakan, persiapan penyediaan jalur bagi pesepada dilakukan untuk menampung semakin meningkatkan animo masyarakat bersepeda  di Kota Serang. “Kita sudah bahas, tinggal penentuan titik jalur mana. Sementara waktunya bersamaan dengan car free day,” ujarnya kepada Radar Banten, Jumat (24/7).

Kata Maman, ada dua alternatif dalam menyediakan jalur bagi pesepeda di Kota Serang. Pertama, dilakukan di tengah car free day atau waktu tertentu dan kedua penerapan penggunaan sepeda bagi aparatur sipil negara (ASN), siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). “Ya harus diakui jalan protokol di Kota Serang masuk kategori sempit. Jadi, kita tahap pertama, menerapkan jalur pesepeda berbarengan saat car free day,” terangnya.

Level of service atau tingkat pelayanan jalan protokol masuk indikator merah atau macet. Kalau jam-jam kerja di jalan protokol seringkali merah atau macet,” tambah Maman.

Maman menjelaskan, dalam waktu dekat akan secara detail membahas teknis pelaksanaan rekayasa lalu lintas bersama kepolisian, sehingga penyediaan jalur pesepeda bisa berjalan sesuai rencana. “Saya juga sudah koordinasi dengan Kasat Lantas Polres Serang Kota, penyediaannya di waktu car free day. Itu fiks akan kita lakukan,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas pada Dishub Kota Serang, Indra Kurniawan mengatakan, penyediaan jalur pesepeda di kota Serang pada waktu tertentu, atau car free day akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian. “Kajiannya dilakukan secara konprehensif sampai dengan pembahasan tempat parkir pesepeda,” terangnya. 

Kata Indra, dalam pelaksanannya, Dishub dan Kepolisian, akan melakukan sterilisasi pada bahu jalan sebelah kiri di sepanjang jalur protokol kota Serang. “Yang saat ini paling bisa diterapkan, memanfaatkan bahu jalan sebelah kiri yang telah memiliki marka, tinggal kita berikan rambu-rambu portable. Sehingga aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna sepeda bisa terpenuhi,” pungkasnya. (fdr/air)