Pemkot Serang Dukung IAIN Jadi UIN Banten

0
647 views
Rektor IAIN SMH Banten (kiri), Wakil Walikota Serang Sulhi (tengah), dan Wakil Rektor IAIN SMH Banten Ilzamudin Ma'mur (kanan) saat tasyakuran akreditasi institusi di aula rektorat IAIN SMH Banten, Kamis (22/12).

SERANG – Pemkot Serang mendukung perubahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) SMH Banten. Dengan adanya perubahan tersebut bisa berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Banten, terutama di Kota Serang.

Wakil Walikota Serang Sulhi usai menghadiri acara tasyakuran akreditasi institusi dan persetujuan ijin prakarsa presiden IAIN SMH Banten menjadi UIN SMH Banten di aula rektorat IAIN SMH Banten, Kamis(22/12), mengatakan, perubahan IAIN menjadi UIN Banten harus didorong oleh berbagai pihak yang ada di pemerintahan Provinsi Banten, agar proses pengembangan IAIN menjadi UIN ini bisa cepat terealisasi.

“Untuk itu nanti kami berharap setelah IAIN diresmikan menjadi UIN Banten para pemerintahan di kota dan kabupaten bisa medorong perusahaan agar menyalurkan CSR nya ke perguruan tinggi IAIN agar pengembangan kampus jadi UIN Banten lebih berkualitas dari segi fisik dan SDM (Sumber Daya Manusia) nya,” ujarnya.

Menurutnya, banyak kelebihan yang didapat dengan perubahan IAIN menjadi UIN, salah satunya peningkatan kualitas pendidikan sehingga warga yang ada di wilayah Banten tak perlu lagi jauh-jauh kuliah di luar Banten. “Untuk itu kami merasa senang sebagai pemerintah Kota Serang atas upaya IAIN dalam mewujudkan cita-cita nya meraih status UIN Banten,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Rektor IAIN SMH Banten Fauzul Iman mengatakan, pihaknya sudah maksimal mengupayakan visi misi kampus dalam meningkatkan kualitas status IAIN menjadi UIN Banten. “Kami sudah berkordinasi dengan pemerintahan pusat dan pihak terkait. Informasinya sekarang tinggal menunggu surat keputusan dari presiden saja. Intinya tinggal menunggu tandatangan dari presiden saja. Sebab semua persyaratan hampir terpenuhi dan semua sudah diserahkan ke sesneg. Apa lagi sekarang status kampus terakreditasi menjadi B,” paparnya.

“Mungkin tiga sampai enam bulan lagi lah kampus IAIN resmi jadi UIN Banten, dan dalam waktu tersebut kita juga mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari penguatan SDM yang berkualitas dan perbaikan dan pembangunan gedung baru, karena kalau sudah resmi jadi UIN, kita harus bertanggungjawab bekerja penuh sesuai kapasitasnya jadi UIN untuk meningkatkan kualitas SDM nya,” paparnya.

Sementara itu Dosen Besar IAIN Banten Prof Tihami mengaku senang dengan pencapaian para pejabat kampus yang sudah memerjuangkan cita-cita nya agar memiliki universitas Islam negeri di wilayah Banten.

Menurutnya ini merupakan cita-cita yang sudah lama. ” Ini merupakan mimpi pada tahun 1961 dan mulai mengusulkan pada tahun sekitar 2010-an untuk digagas jadi UIN Banten,” ungkapnya. (Adef)