Pemkot Serang Lepas 388 Calon Jamaah Haji

SERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melepas keberangkatan 388 calon jamaah haji dari Kloter 10 di halaman Islamic Center Masjid Agung As-Tsaurah, Kota Serang, Sabtu (13/8).

Kakanwil Kemenag Kota Serang, Fajar Hisyam mengatakan, pada ibadah haji tahun ini ada sebanyak 715 calon jamaah haji dengan rincian 295 pria dan 362 wanita. “Hari ini merupakan pelepasan calon jamaah haji Kloter 10. Semua yang berangkat pada hari ini totalnya adalah 393 orang. Karena ditambah 5 orang petugas pendamping haji,” ujarnya saat akan melepas ratusan calon jamaah haji.

Ia menambahkan, pada pelepasan calon jamaah haji ini terdiri dari 174 pria dan 214 wanita. Kemudian mereka akan ditempatkan di  Maktab 38 yang berada di wilayah Mislafah. “Sementara itu kloter kedua Kota Serang tergabung dalam Kloter 33 dengan jumlah jamaah 314 orang. Dan mereka akan dilepas pada 30 Agustus 2016. Mereka akan berangkat pagi pada pukul 05.00 WIB. Jamaah terdiri dari 140 pria dan 174 wanita. Kloter ini akan ditempatkan di Maktab 44 yang berada di kawasan Aziziyah,” paparnya.

Sementara itu, Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengimbau pada seluruh calon jamaah haji Kota Serang yang berangkat pada hari ini untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran jasmaninya. “Kita harapkan pada pelepasan calon jamaah haji kali ini, semoga dalam perjalanan diberikan kelancaran dan kemudian juga dapat melaksanakan ibadahnya di Tanah Suci dengan lancar dan selamat,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Jaman, jamaah haji kembali ke Tanah Air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. “Kemudian kami pun berharap untuk seluruh calon jamaah haji yang berangkat pada hari ini, sejumlah 388 orang ini. Ini adalah keberangkatan yang cukup luar biasa, berjalan yang cukup panjang. Mudah-mudahan di sana para jamaah bisa saling menjaga karena kita memang bertamu ke negara orang,” katanya.

“Dan pastinya bertumpah ruah di sana, (calon jamaah haji) berbagai negara kumpul di sana. Dan kemudian juga, mudah-mudahan aturan yang ada agar dapat diikuti, itu untuk tujuan kenyamanan keamanan. Kami berharap seluruh calon jamaah haji ini bisa jaga kesehatan. Di sana harus menjaga pola makan karena di sana panasnya cukup terik,” ujarnya. (AdeF)