Pemkot Serang Mau Tagih PBB ke Warga Pakai Aplikasi Android

0
442 views
Wakil Walikota Serang Sulhi memberikan kata sambutan.

SERANG –  Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah(DPPKD) Pemkot Serang akan membuat aplikasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di sistem operasi Android. Aplikasi ini untuk mempermudah pertugas kelurahan menagih PBB ke wajib pajak.

Hal tersebut diungkapkan Kepala DPPKD Kota Serang Adang Darmawan usai menghadiri rapat evaluasi dan monitoring  PBB 2 triwulan III  di salah satu rumah makan Kota Serang, Selasa (6/12/2016). “Kami dari DPPKD akan merencanakan itu. Kami  berikan gadgeet-nya ke setiap kelurahan satu orang. Tugas mereka nanti mendata dan melayani warga yang ingin bayar pajak bumi bangunan. Jadi petugas kami akan door to door ke setiap rumah warga,” ujarnya.

Meski tidak menjelaskan model aplikasinya seperti apa, Adang memastikan bahwa sistem tersebut akan lebih efektif sebab pemerintah mempermudah masyarakat membayar PBB. “Jadi masyarakat tak perlu repot-repot lagi dalam mengurus PBB karena ada petugas yang datang ke rumah memberikan penawaran untuk bayar pajak sehingga target pajak daerah lebih cepat terealisasi, ” tuturnya.

Saat ini target PBB di Kota Serang sudah mencapai target yaitu Rp 16 miliar. Tahun depan pun tetap di angka Rp 16 miliar.” Meskipun kami sudah mencapai target, kami harus terus memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat agar pembayaran PBB lebih mudah dengan cara petugas kami yang akan mendatangi warga,” ujarnya.

Wakil Walikota Serang Sulhi mengapresiasi rencana DPPKD. Cara tersebut sangat efektif dalam memberikan kemudahan kepada warga yang akan membayar PBB. “Saya mendukung upaya itu sebagai inovasi pelayanan Pemkot Serang. Saya harap SKPD-SKPD lain di Pemkot Serang punya inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya. (Ade F)