Pemkot Serang Sosialisasikan Aplikasi e-Hibah Bansos pada SKPD

0
1.127 views

SERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang melaunching aplikasi e-Hibah Bansos di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (31/1). Kegiatan tersebut disertai dengan sosialisasi langsung pada para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Kota Serang.

Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengatakan, aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah akses para SKPD dalam mengelola anggaran hibah dan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. “Aplikasi ini disusun sesuai kebutuhan penyelenggaraan pemerintah daerah dan dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu semoga adanya aplikasi ini bisa mempercepat pelayanan yang diberikan Pemkot dalam mengelola dan mendistribusikan anggaran hibah dan bansos di Lingkungan Pemkot Serang,” ujarnya dalam sambutan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Serang Joko Sutrisno mengatakan, e-Hibah merupakan aplikasi keempat yang dimiliki Bappeda Kota Serang. Sebelumnya Bappeda mempunyai aplikasi e-Monev, e-Musrenbang dan e-Planing. Menurutnya, semua aplikasi yang tersedia di Bappeda untuk menunjang Kota Serang dalam mewujudkan konsep smartcity di Kota Serang.

“Harapannya, aplikasi e-Hibah ini dapat cepat dipahami oleh para SKPD di Lingkungan Pemkot Serang. Karena dengan aplikasi ini, surat permohonan bantuan bansos yang diajukan dari setiap SKPD atau masyarakat bisa langsung diajukan melalui aplikasi ini. Sehingga lebih transparan dan lebih efektif dan efisien. Yang pasti adanya aplikasi ini kelebihannya adalah pengelolaan data lebih tertib secara dokumen. Makanya hari ini kita sosialisasikan dulu pada para SKPD di Kota Serang supaya mereka paham menggunakan aplikasi baru ini,” katanya. (Ade F)