Pemkot Serang Targetkan Produksi Padi 8 Ton Per Hektar

Beras
Ilustrasi/ Inet

SERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menargetkan produksi pertanian padi pada tahun 2016, sebesar delapan ton per hektar.

“Tahun ini kita tengah mendorong untuk semua produktivitas kita tingkatkan, salah satunya untuk pertanian padi. Kita sedang mengupayakan tahun ini meningkat menjadi delapan ton, yang sebelumnya hanya tujuh ton untuk lahan irigasi,” ungkap Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Serang, Hafidzi ZA kepada wartawan melalui sambungan telepon seluler, Rabu (2/3/2016)

Hafidzi menjelaskan, pihaknya optimis tercapai, karena dari hasil pengecekan di lapangan ke setiap kecamatan. Khusus di Kecamatan Kasemen, yang mempunyai lahan pertanian padi paling luas yakni sekitar 3.000 Ha, kemungkinan besar per Ha bisa mencapai delapan ton.

“Saat ini kami terus melakukan pengecekan turun langsung ke lapangan, dan saya melihat kondisinya bagus mulai dari kondisi tanah, pengairan, pemupukan, dan pola penanamannya juga bagus, dan kami optimis jika melihat di lapangan, targetan ini akan tercapai,” jelasnya.

Hafidzi mengatakan, target tersebut memang lebih tinggi bila dibandingkan pada tahun sebelumnya. Di antara penyebabnya adalah faktor alam seperti musim kemarau berkepanjangan, sehingga lahan pertanian mengering tidak terairi.

“Untuk tahun ini pasokan air cukup. Saya juga melihat, sudah ada beberapa padi yang sudah mulai menguning, dan berdasarkan laporan dari UPT Pertanian di lapangan, menunjukkan hasil yang bagus,” jelasnya. (Fauzan Dardiri)