Pemkot Tangerang Akan Kembangkan Transportasi Air

Boat
Ilustrasi/ Inet

TANGERANG – Pemkot Tangerang menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kota Tangerang Tahun 2016 di Hotel Allium, Kamis (4/2/2016). Forum Konsultasi Publik digelar guna mendapatkan masukan dan saran dari publik terhadap prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah yang telah diusulkan.

Dikutip dari Harian Radar Banten, Walikota Arief R Wismansyah mengatakan, prioritas pembangunan untuk 2017 adalah peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Ada juga pengurangan titik banjir dan pengembangan transportasi massal.

Meski Tahun Anggaran 2016 baru berjalan, namun pihaknya sudah harus memikirkan program kegiatan di 2017, bahkan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kelurahan sudah berjalan. “Forum ini sarana menyerap aspirasi sekaligus mensikronkan keinginan masyarakat dengan kebijakan pemerintah termasuk kebijakan provinsi dan nasional,” ujar Arief.

Walikota juga mengharapkan agar forum tersebut tidak hanya dijadikan sebagai formalitas belaka. Namun betul-betul bisa menjadi sarana yang tepat untuk memprioritaskan arah pembangunan setahun ke depan. “Forum seharusnya tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban, tapi benar-benar bisa dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Said Endrawiyanto mengatakan, hasil FKP ini nantinya akan menjadi bahan masukan dan koreksi dalam pelaksanaan forum SKPD yang rencananya akan dilaksanakan dalam minggu pertama bulan Maret 2016 ini.

Ia menjelaskan, untuk pengembangan sarana transportasi massal bakal ada water way atau  transportasi air, yang menghubungkan Kota Tangerang dan Kota Tangsel. Seperti di dekat pintu tol Kebon Nanas sampai ke Stasiun Tangerang. “Sehingga masyarakat Tangsel dan Kabupaten Tangerang bisa lewat transportasi air,” katanya. (RB/mg-17/dus)