Surat Edaran Walikota Tangerang. Foto: tangerangkota.go.id

TANGERANG – Sejumlah tempat hiburan dan rumah makan di Kota Tangerang harus di tutup H-1 menjelang Ramadan hingga H+2 Hari Raya Idul Fitri.

Penjabat Walikota Tangerang HM Yusuf mengaku sudah membuat edaran dan siap diedarkan tetang peraturan tersebut. Surat edaran Walikota Tangerang No mor 2027/451.15 – Disbudpar tentang Penutupan Sementara Jam Buka Rumah Makan dan Usaha Jasa Hiburan Umum pada Bulan Suci Ramadan Tahun 2018.

Poin pertama dalam surat tersebut disebutkan, rumah makan baru bisa dibuka mulai pukul 15.00 WIB dan tidak membuka usaha secara terang-terangan atau menggunakan tirai. Kedua, pengusaha hiburan harus menutup sementara kegiatan usahanya pada H-1 Ramadan yakni 15 Mei 2018 hingga 17 Juni 2018.

Yusuf mengatakan, pihaknya meminta pengusaha hiburan dan rumah makan menaati surat edaran yang ada. Kata dia, untuk pe ngu saha hiburan berupa singging hall, karaoke, sauna dan massage tidak boleh beroperasi. ”Jika tetap membuka usaha hiburannya, kami tidak segan untuk menutup,” jelasnya.

Kata Yusuf, pemberlakuan penutupan tempat hiburan dan rumah makan itu dilakukan untuk memastikan warga bisa menjalankan ibadah dengan tenang di bulan Ramadan.

Sementara itu, Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Harley Silalahi mengatakan, pihaknya juga ikut terlibat dalam pengamanan Ramadan dan Senin (14/5) lalu, pihaknya melakukan rapat koordinasi.

”Kami harap nanti pada pelaksanaannya jika ada yang mesti ditindak cukup aparat yang berwenang saja yang melakukannya dan jangan sampai ada ormas atau lembaga lain yang bertindak,” katanya. (mg-08/dai/sub/RBG)