Pemohon Kartu Kuning di Lebak Meningkat Usai Lebaran

0
1.611 views
Ratusan calon pencari kerja (Pencaker) mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak yang berada di Jalan Siliwangi, Pasir Ona, Selasa (4/7). Kedatangan para pencaker tersebut untuk membuat kartu kuning.

RANGKASBITUNG – Usai libur lebaran Idul Fitri 1438 H, ratusan calon pencari kerja (Pencaker) mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak yang berada di Jalan Siliwangi, Pasir Ona, Selasa (4/7).

Kasie Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Dian Duriatna mengatakan, permohonan pembuatan surat sebagai salah satu persyaratan melamar kerja tersebut pun meningkat dibandingkan hari biasa sebelum hari raya idul fitri. Hingga saat ini saja, sebut Dian pencaker yang mengajukan  kartu kuning mencapai 370 pencaker.

Salah satu faktor meningkatnya permohonan surat kartu kuning pasca lebaran tahun ini dikarenakan banyaknya lulusan dari Sekolah Menangah Atas (SMA) dan Kejuruan (SMK).
“Pemohon membuat kartu kuning kebanyakan untuk bekerja di luar kota seperti Jakarta dan Tengerang,” ujarnya.

Sebelum lebaran, setiap harinya pencaker yang membuat kartu kuning terhitung hanya belasa, sedangkan usai lebaran terhitung lebih dari 50 orang pencaker yang mengajukan permohonan.

Meskipun pengajuan surat kartu kuning mengalami peningkatan yang cukup signifikan, lanjut Dian pihaknya tetap bisa melayani dengan cukup baik. Sebab, telah diantisipasi dengan personel yang cukup.

“Memang sudah kita perkirakan. Karena biasanya usai lebaran ditambah kelulusan sekolah maka Pencaker otomatis bertambah,” ujarnya.

Salah seorang pemohon asal Kecamatan Malingping, Inggit (19) mengatakan, setelah menerima tanda kelulusan dari sekolah ia membuat kartu kuning untuk bekerja di wilayah Tangerang.

“Saya mau membuat kartu kuning untuk persyaratan melamar pekerjaan di wilayah tangerang,” ucapnya. (Rahmatullah/twokhe@gmail.com)