Pemprov Banten Kekurangan Pejabat, Terpaksa Diisi Plt

0
408 views
Kepala BKD Provinsi Banten Samsir.

SERANG – Seiring dengan berlakunya Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) pemerintahan yang baru, Pemprov Banten mengalami kekurangan pejabat. Dampaknya, tiga SKPD mengalami kekosongan dan terpaksa diisi oleh pelaksana tugas (plt).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Samsir menjelaskan, saat ini Pemprov Banten mengalami kekurangan tiga pejabat. Kekurangan tersebut karena salah satu pejabat telah masuk masa pensiun dan adanya penambahan SOTK atau dinas. “Jadi bukan SKPD nya yang kosong tapi tidak ada pejabatnya, karena Pak Jaka (Kepala Inspektorat Takro Jaka Rooseno) sudah pensiun, terus biro nambah, SKPD nambah,” ujar Samsir di ruang kerjanya, Kamis (12/1).

Menurut Samsir, untuk menyikapi persoalan tersebut, Pemprov Banten akan segera membuka lelang jabatan terbuka untuk mengisi kekurangan pejabat tersebut. “Open bidding untuk yang tiga itu diutamakan, akan dipercepat,” ujar Samsir.

Sebelumnya, Sekda Provinsi Banten Ranta Soeharta mengatakan, tiga SKPD baru mengalami kekosongan jabatan.

Menurutnya, untuk sementara, ketiga SKPD tersebut akan diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Sampai adanya pejabat yang akan ditetapkan. “Saya rencanakan bulan depan akan open bidding (lelang jabatan), agar jabatan itu bisa cepat terisi,” papar Ranta kepada sejumlah awak media.

Ranta menyebutkan dua dari tiga SKPD yang mengalami kekosongan jabatan yaitu Biro Rumah Tangga Pimpinan dan Biro Infrastruktur. “Satu lagi saya lupa, tapi itu SOTK baru,” kata Ranta.

Pelantikan pejabat Pemprov Banten sendiri akan dilakukan besok, Jumat (12/1), oleh Plt Gubernur Banten Nata Irawan. Pelantikan pejabat tersebut pun akan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Plt Gubernur. “Masih SK Plt, bukan Pjs (pejabat sementara), itu tidak masalah,” ujar Ranta. (Bayu)