Pemprov Gelontorkan Rp1,7 Triliun untuk Infrastruktur

0
1.436 views

SERANG – Tahun 2020 ini, pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas bagi Pemprov Banten. Dari Rp13,21 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten, anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan infrastruktur sekira Rp1,7 triliun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten Muhtarom mengatakan, belanja daerah sebesar Rp13,21 triliun terdiri atas belanja tidak langsung dan belanja langsung. “Anggaran untuk infrastruktur masuk dalam belanja langsung yang manfaat capaian kinerjanya dapat dirasakan langsung masyarakat,” ujar Muhtarom.

Kata dia, anggaran untuk infrastruktur tersebar di tujuh OPD. Yakni, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral.

Dari total anggaran untuk infrastruktur senilai Rp1,7 triliun tersebut, selain untuk pembangunan fisik, ada juga anggaran yang dialokasikan guna pengadaan lahan. Anggaran paling besar digelontorkan untuk pembangunan sport center (multiyears) senilai Rp393 miliar.

Muhtarom mengatakan, pembangunan infrastruktur tahun ini juga tersebar di seluruh wilayah Provinsi Banten. Tak hanya anggaran ini, bantuan keuangan yang dialokasikan Pemprov untuk pemerintah kabupaten kota juga di dalamnya diperuntukkan bagi infrastruktur.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten M Yusuf mengatakan, lokasi untuk pembangunan 33 unit sekolah baru belum ditentukan. “Masih di-review lintas instansi,” tuturnya.

Meskipun lokasi belum ditentukan, tapi ia yakin pembangunan akan rampung sesuai dengan yang ditargetkan. “Kami berusaha terus mencapai target,” ujar Yusuf. (nna-tur-fdr/air/ira)