Pemprov Pastikan Lantik Iman dan Tatu Dulu, Baru Airin dan Irna

Bupati/Walikota Banten Terpilih
Bupati/Walikota Banten Terpilih

SERANG – Pemprov Banten memastikan pelantikan dua kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2015 yakni Walikota Tangerang Selatan‎ Airin Rachmi Diany dan Bupati Pandeglang Irna Narulita, setelah pelantikan Bupati Kabupaten Serang terpilih Ratu Tatu Chasanah dan Walikota Cilegon Iman Ariyadi.

Menurut Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Kusmayadi mengatakan, pelantikan Airin dan Irna dilakukan setelah masa jabatan kepala daerah yang saat ini tengah memimpin masing-masing daerah tersebut. ‎”Pandeglang itu masa jabatan berakhir 10 Maret dan Tangsel 20 April. Artinya pelantikannya pada tanggal itu atau sesudah tanggal itu,” ujar Kusmayadi, Selasa (9/2/2016).

Kusmayadi melanjutkan, prinsipnya pelantikan kepala daerah mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan atas UU No 1 Tahun 2015 Tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota menjadi undang-undang. “Pada prinsipnya sesuai Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 itu, (pelantikan) tidak boleh melebihi atau mengurangi masa jabatan kepala daerah,” ujarnya.

Untuk pelantikan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi akan dilaksanakan pada 17 Februari 2016. Saat ini, lanjut Kusmayadi, Pemprov masih menunggu surat resmi pelantikan kepala daerah tersebut. “Namun, sudah dipastikan pelantikan bupati/walikota serentak di Ibu Kota Provinsi oleh gubernur di Banten itu Kabupaten Serang dan Cilegon. Untuk teknis pelantikan 17 Februari, kami akan rapat internal Kamis besok,” ujarnya. (Bayu)