Pemprov Rancang Bentuk Klub dan Stadion Baru di Banten

0
2.543 views
Gubernur Banten Wahidin Halim

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim memberikan perhatian serius terhadap olahraga.  Itu ditunjukkan dengan rencana pembentukan klub sepak bola Banten United dan pembangunan stadion baru.

Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh WH (sapaan akrab Wahidin Halim) kepada awak media. Menurutnya saat ini Pemprov Banten sedang mempersiapkan instrumen klub tersebut.

“Target dua tahun ini,” ujar WH saat ditanya target klub Banten United selesai dibentuk dan diresmikan, Selasa (25/7).

Salah satu yang sedang dipikirkan adalah pola pembiayaan klub tersebut, karena, lanjut WH,  pembiayaan klub tidak bisa bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten.

Sedangkan terkait stadion, menurut WH rencananya akan dibangun di area sport center. “Sekarang kita bentuk DED (Detail Engineering Design) nya. Saya rasa masyarakat butuh olahraga, kemarin saja saat Perserang, ramai banget yang nonton,” kata WH.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Deden Apriandhy mengungkapkan, untuk pembentukan Banten United, Dispora telah membangun komunikasi dengan penggiat olahraga, salah satunya PSSI. “Pasca Agustus kita akan lakukan penajaman konsep, nanti opsi-opsi itu kita serahkan ke Pak Gubernur,” ujar Deden.

Secara pribadi, Deden menginginkan klub tersebut segera terbentuk, namun menurutnya harus ada sejumlah tahapan yang dilalui agar klub tersebut resmi berdiri.

“Saya sih penginnya secepatnya, cuma ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya  jika merekrut pemain dari yang sudah ada harus ada kompensasi buat pemain, sedangkan pemerintah daerah tidak boleh menganggarkan,” ungkapnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)