Pemprov Siap Bantu Pembangunan Puspemkab Serang

0
302 views

SERANG – Wakil Gubernur Andika Hazrumy memastikan, Pemprov Banten akan membantu pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang di Kecamatan Ciruas. Pemkab Serang diminta segera mengusulkan kebutuhan anggaran pembangunan Puspemkab tersebut kepada Pemprov Banten.

“Saya minta Pemkab mengusulkan dan mempresentasikan (soal pembangunan Puspemkab-red), nanti akan kita dorong melalui anggaran,” tegasnya kepada wartawan usai menghadiri pelantikan anggota DPRD Kabupaten Serang periode 2019-2024 di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Selasa (3/9).

Dijelaskan Andika, bantuan anggaran untuk pembangunan Puspemkab Serang bisa melalui bantuan keuangan (bankeu) atau bantuan program khusus dari Pemprov. Andika tidak menutup kemungkinan menaikkan anggaran bankeu untuk Pemkab Serang dibanding tahun sebelumnya. “Kemungkinan naik asal diusulkan dengan jelas,” ujarnya.

Menurut Andika, besaran bankeu untuk kabupaten kota yang diberikan setiap tahun ditentukan berdasarkan tolok ukur program prioritas masing-masing kabupaten kota. “Jadi, tidak dipukul rata (besaran bankeu-red), pertimbangannya program prioritas masing-masing daerah,” jelasnya.

Mantan anggota DPR RI itu juga mengakui, ada dua program prioritas Pemprov Banten di Kabupaten Serang. Selain pembangunan Puspemkab, juga pengembangan RSUD dr Dradjat Prawiranegara Serang (RSDP). “RSDP ini kan rumah sakit rujukan daerah, tentu jadi prioritas kami juga,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menilai, banyak program prioritas yang membutuhkan campur tangan Pemprov. Lantaran itu, Tatu meminta, Pemprov dapat menaikkan nilai bankeu untuk Pemkab Serang.

“Kami berharap, khusus RSDP dan Puspemkab, Pemprov bisa menganggarkannya di luar bankeu,” harapnya.

Menurut Tatu, pembangunan Puspemkab yang merupakan dampak pemekaran dengan Kota Serang itu tidak bisa diselesaikan jika hanya menggunakan APBD Kabupaten Serang. “Anggarannya kan terbagi-bagi untuk program pembangunan prioritas lainnya,” pungkasnya. (jek/zai/ira)