Pemprov ‘Tawarkan’ Banten ke 30 Negara

0
52

TANGERANG – Pemerintah Provinsi Banten akan ‘menawarkan’ Banten ke 30 negara undangan selama acara Banten Expo 2017 di ICE BSD, Serpong. Dalam forum tersebut, Pemprov Banten akan menawarkan sejumlah daerah untuk dijadikan ladang investasi negara asing.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten Babar Soeharso menjelaskan, penyelenggara Banten Expo 2017 telah mengundang 30 negara, baik negara-negara di Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.

“Pagi ini hanya seremonial, siang sampai malam kita hadirkan investor delegasi asing. Nanti siang sampai malam mendengarkan paparan dari Wagub (Andika Hazrumy) dan pemerintah kabupaten kota dan melihat contoh produk,” ujar Babar kepada awak media setelah pembukaan Banten Expo 2017, Kamis (16/11).

Menurut Babar, di hadapan delegasi negara-negara asing tersebut, baik Wakil Gubernur Banten dan perwakilan pemerintah kabupaten kota di Banten akan memaparkan potensi yang ada di Banten.

Selain itu, Pemprov Banten pun akan memaparkan hal-hal yang bisa dikerjasamakan antara Pemprov Banten dan negara-negara tersebut.

Adapun bentuk investasi yang ditawarkan, menurut Babar tidak hanya seputar perdagangan, namun hal lain juga seperti kuliner, pariwisata, kawasan industri, produk daerah yang siap ekspor, dan properti.

“Sejauh ini negara yang sudah kita sounding seperti Maroko, Rusia, dan Zimbabwe,” kata Babar.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim menjelaskan, Banten Expo 2017 ini digelar untuk mengenalkan potensi-potensi yang ada di Banten.

Menurut WH, Banten memiliki potensi bagus untuk investasi. Dijelaskannya, setiap daerah memiliki karakter investasi masing-masing. Misalnya, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak yang cocok untuk sektor pertanian dan pariwisata.

“Kalau industri di bagian utara,” kata WH kepada awak media.

WH pun berharap dengan adanya Banten Expo ini masyarakat luar lebih mengenal Banten. Banten memiliki kawasan pertanian, kawasan industri, serta kawasan pariwisata. “Ini membuka peluang bagi Banten untuk eksplore ke luar, agar kita bisa eksplorasi kekuatan-kekuatan, potensi-potensi yang ada di Banten yang orang luar banyak yang tidak tahu,” kata WH. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)