Pemuda Bantu Distribusi Air Bersih Serang Utara

SERANG – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Solidaritas Serang Utara (Setara) melakukan aksi sosial memberikan bantuan pendistribusian air bersih di wilayah Serang Utara. Bantuan sebagai bentuk kepedulian pemuda kepada masyarakat yang mengalami krisis air bersih dampak dari kemarau panjang.

Ketua Setara, Luthfi Nawawi mengaku, prihatin dengan kondisi masyarakat di wilayah Serang Utara yang mengalami krisis air bersih. Lantaran itu, pihaknya bekerja sama dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Serang melakukan aksi sosial untuk mengurangi penderitaan masyarakat yang mengalami krisis air bersih.

“Aksi sosial ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat menghadapi kemarau tahun ini,” jelas Luthfi kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Senin (26/8).

Kata Luthfi, pihaknya menerjunkan lima unit kendaraan pengangkut air yang disebar ke lima lokasi di wilayah Serang Utara. Yakni, Kecamatan Ciruas, Lebakwangi, Pontang, Tirtayasa, dan Kecamatan Tanara. Anggaran bantuan merupakan hasil donasi swadaya pemuda dan infak para dermawan melalui Posko Peduli Serang Utara.

“Masing-masing mobil berisi 800 liter air yang akan kita sebarkan ke lima titik yang mengalami krisis air,” ungkapnya.   

Menurutnya, pihaknya berperan sosial karena melihat masih banyak masyarakat yang belum tersentuh bantuan dan sangat membutuhkan air bersih. Apalagi, wilayah Serang Utara termasuk penghasil produksi padi. Sementara saat ini, sebagian besar lahan sawah mulai mengering. Ia berharap, bantuan air bersih dari pemerintah bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang mengalami krisis air bersih.

“Air kan kebutuhan pokok yang urgent dan sumber kehidupan. Kami menyadari upaya ini masih jauh dari harapan masyarakat, tapi sedikitnya, kami sudah mengurangi beban masyarakat,” terangnya.

Anggota Setara, Ali Ulumudin menambahkan, pihaknya ikut membantu pendistribusian air karena masih banyak masyarakat di beberapa desa wilayah Serang Utara menanyakan soal bantuan air bersih. Maka dari itu, kata Ali, Setara hadir untuk menjadi bagian dari masyarakat yang peduli terhadap bencana krisis air.

“Kami juga buka posko donasi bagi para dermawan baik dari lembaga atau perorangan untuk membantu masyarakat yang mengalami krisis air,” jelasnya. (zai/ags)